Sukses

Statistik Mourinho Bersinar di Musim Perdana, Bagaimana Kans MU?

Hanya saat kembali ke Chelsea pada 2013-2014, Mourinho gagal menyumbang gelar.

Liputan6.com, Manchester - Hampir di semua klub yang ditangani Jose Mourinho mampu meraih gelar di musim perdananya. Tren positif itu pun kemungkinan besar dilanjutkan The Special One bersama Manchester United.

Bila melihat statistik Mourinho di musim perdananya bersama sejumlah klub, kans MU mengangkat trofi amat terbuka. persentase kemenangan Mourinho di musim perdana juga tergolong besar, yakni di atas 65 persen.

Arogannya Mourinho yang meminta para jurnalis untuk memanggilnya The Special One saat baru datang ke Chelsea memang terbukti tepat. Faktanya, Mourinho adalah salah satu pelatih yang bertabur prestasi di sepanjang kariernya.

Mourinho sendiri sudah memulai karier kepelatihannya dengan menukangi Benfica dan Uniao de Leiria. Namun, sebagian besar orang menganggap awal karier Mourinho yang sebenarnya adalah saat datang ke FC Porto pada Januari 2002.

Kala itu, ia ditugasi untuk menggantikan Octavio Machado. Enam bulan bekerja, ia hanya sanggup bawa Porto finis di tempat ketiga klasemen Liga Primeira Liga. Ketika menangangi Porto semusim penuh pada 2002/2003, Mourinho pun menunjukkan kecerdasannya.

Sejak itu pula Mourinho menghiasi perjalanan kariernya dengan puluhan trofi. Kini, banyak orang yang menanti kiprah Mourinho bersama MU. Bagi pelatih seperti Mourinho, menyumbang gelar di musim perdana bukan pekerjaan yang sulit.

Apalagi, Mourinho akan terbantu dengan kehadiran tiga pemain baru MU, yakni Eric Bailly, Henrikh Mkhitaryan, dan Zlatan Ibrahimovic. Dan, MU juga tengah berburu tanda tangan Paul Pogba. Kepercayaan publik akan semakin membesar jika melihat statistik Mourinho di liga pada musim perdananya di setiap klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Statistik Mourinho

FC Porto

2002/2003
Main: 34
Menang: 27
Seri: 5
Kalah: 2
Persentase kemenangan: 79%
Gelar: Primeira Liga, Taca de Portugal, Piala UEFA

Chelsea

2004/2005
Main: 38
Menang: 29
Seri: 8
Kalah: 1
Persentase kemenangan: 76%
Gelar: Liga Premier, Piala Liga

Inter Milan

Menang: 38
Seri: 25
Kalah: 4
Persentase kemenangan: 66%
Gelar: Serie A, Piala Super Italia

Real Madrid

Main: 38
Menang: 29
Seri: 5
Kalah: 4
Persentase kemenangan: 76%

Chelsea

2013/2014
Main: 38
Menang: 25
Seri: 7
Kalah: 6
Persentase kemenangan: 66%
Gelar: -

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

Video Terkini