Sukses

10 Klub Sepak Bola Paling Legendaris di Dunia (Bagian I)

Klub-klub ini pantas masuk ke dalam deretan klub sepak bola legendaris di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk bisa disebut sebagai klub sepak bola legendaris, sebuah klub haruslah memiliki sederet prestasi mentereng. Tak hanya itu, klub tersebut juga harus memiliki nilai historis yang kental.

Dan di antara ratusan atau bahkan ribuan klub sepak bola di dunia, ada beberapa klub yang berhasil memenuhi kriteria tersebut. Klub-klub ini mampu menahbiskan diri mereka sebagai klub-klub sepakbola yang legendaris berkat deretan trofi dan sejarah yang mereka miliki.

Reputasi mentereng inilah yang juga membuat klub-klub itu memiliki ribuan atau bahkan jutaan fans dari seluruh dunia. Nama mereka pun selalu dielu-elukan oleh para pecinta sepak bola.

Seiring dengan perkembangan sepak bola, beberapa dari klub-klub legendaris itu mungkin sudah tak lagi berprestasi. Namun demikian, hal itu tak lantas mencopot predikat klub legendaris dari nama klub-klub tersebut.

Seperti dikutip Footballslides, setidaknya ada 10 klub yang pantas disebut klub legendaris di dunia. Liputan6.com membagi pembahasan 10 klub itu menjadi dua bagian. Berikut ini lima klub yang masuk ke bagian pertama:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ajax Amsterdam

1. Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam mungkin saat ini kalah pamor dibanding Barcelona, Real Madrid, atau Manchester United sebagai klub terpopuler di kolong jagad. Namun itu tak berarti mereka bukan klub besar.

Ya, Ajax tetap menjadi salah satu klub legendaris di dunia. Mereka pernah merajai Eropa di era 70an. Die Godenzonen -julukan Ajax - adalah salah satu klub yang berhasil menjuarai Liga Champions tiga kali berturut-turut! Dipimpin Johan Cruyff, Ajax menjadi juara Liga Champions di musim 1970/71, 1971/72, dan 1972/73.

Selain karena prestasinya, Ajax juga menjadi salah satu klub legendaris lantaran produktivitas akademinya dalam melahirkan pemain kelas dunia. Sudah banyak pemain kelas dunia yang lahir dari akademi Ajax, seperti Marco van Basten, Frank Rijkaard, hingga Wesley Sneijder.

3 dari 6 halaman

Juventus

2. Juventus

Si Nyonya Tua -julukan Juventus- tidak dipungkiri adalah salah satu klub legendaris di dunia. Dibentuk pada 1 November 1897, Juve rutin mencetak prestasi baik di Italia maupun kancah Eropa.

Mereka adalah pengoleksi gelar juara Liga Italia terbanyak dengan 33 gelar. Di Eropa, sudah ada delapan trofi yang mereka raih. Rinciannya, 2 gelar juara Liga Champions, 1 European Cup Wiiners' Cup, 3 trofi Liga Eropa, 1 Piala Intertoto, dan 2 Piala Super Eropa.

Juventus juga rutin menyumbang pemain bagi tim nasional Italia. Di Piala Eropa 2016 kemarin misalnya, empat pemain Juventus: Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini tampil membela Gli Azzurri -julukan Italia.

4 dari 6 halaman

Manchester United

3. Manchester United

Klub paling populer di dunia. Predikat itu tersemat di situs resmi Manchester United. Predikat itu tersemat bukan tanpa alasan. Pasalnya, MU adalah salah satu klub dengan pengikut terbanyak di dunia dengan 659 juta pengikut.

MU mencapai puncak kesuksesan saat ditangani Sir Alex Ferguson. Di tangan pelatih asal Skotlandia itu, MU merengkuh 13 gelar juara Liga Inggris, terbanyak dalam sejarah kompetisi tersebut.

Setan Merah -julukan MU- juga kental dengan kultur mengorbitkan pemain muda. Salah satu yang terkenal adalah kelompok Class of 92 yang beranggotakan Phil dan Gary Neville, Nicky Butt, Paul Scholes, Ryan Giggs, dan David Beckham.

5 dari 6 halaman

Liverpool

4. Liverpool

Pesaing MU di Inggris ini juga pantas masuk ke dalam salah satu klub paling legendaris di dunia. Ya, Liverpool adalah klub yang punya sejarah sepak bola yang cukup mengakar.

The Reds juga salah satu klub tersukses di Inggris. Liverpool telah menjuarai 18 gelar juara Liga, dan lima trofi Liga Champions. Puncak kesuksesan Liverpool terjadi di era 1970an dan 1980an.

Sayangnya, prestasi The Reds belakangan merosot. Di Eropa, mereka terakhir kali juara Liga Champions pada musim 2004/05. Sementara di Inggris, mereka sudah tak juara sejak 1992.

Kini di bawah komando Jurgen Klopp, Liverpool tengah merancang kebangkitan mereka. Di musim lalu, mereka nyaris merengkuh gelar juara Liga Europa sebelum dikalahkan oleh Sevilla di final.

6 dari 6 halaman

Bayern Muenchen

5. Bayern Muenchen

Mengoleksi 26 gelar juara Liga, 17 Piala Jerman, dan 5 Piala Super Jerman, Bayern Muenchen menjadi klub tersukses di Jerman. Dengan manajemen yang rapi serta dana melimpah, superioritas Bayern di Jerman sulit dilawan klub mana pun.

Tak hanya di Jerman, Bayern juga merupakan salah satu klub tersukes di Eropa. FC Hollywood -julukan Bayern-  telah merengkuh lima gelar juara Liga Champions, ketiga terbanyak setelah AC Milan (7 kali), dan Real Madrid (11 kali).

Bayern juga rajin menelurkan pemain-pemain berkualitas bagi tim nasional Jerman. Sudah banyak pemain Bayern yang dipanggil masuk timnas Jerman. Mulai dari Lothar Matthaus hingga kini Manuel Neuer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Berita unik bola dan sports