Sukses

Duel Bintang Arema Cronus Vs Barito Putera

Hamka dianggap bek terbaik sejauh ini, sedangkan Barito mengandalkan striker pelapis, Yongki Aribowo.

Liputan6.com, Malang - Penyerang Barito Putera, Yongki Aribowo, akan menemui lawan terberat ketika berhadapan dengan bek Arema Cronus, Hamka Hamzah pada pekan ke-12 Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, Selasa (26/7/2016) malam WIB. Stadion Kanjuruhan akan menjadi panggung pertarungan antara striker pelapis dengan bek terbaik di TSC 2016.

Menyebut Hamka dengan embel-embel terbaik tampaknya tidak terlalu berlebihan. Sebab, Yongki sendiri hanya pelapis, karena Luis Carlos yang saat ini sebagai bomber tajam berkat gelontoran 11 golnya menerima akumulasi kartu.

Pencapaian tersebut menempatkan penyerang asal Brasil itu berada di daftar puncak top skorer sementara TSC 2016. Dia unggul satu gol dari penyerang Madura United, Pablo Rodriguez Aracil yang berada di posisi kedua dengan 10 gol.

Sedangkan bagi Hamka, pencapaian Arema menjadi klub dengan pertahanan terbaik sejauh ini tak lepas dari kontribusi besarnya. Hamka yang menjabat sebagai kapten Singo Edan mampu mengorganisir lini pertahanan Arema yang baru kebobolan tiga gol.

Berbekal catatan tersebut tak disangsikan lagi bahwa pertarungan keduanya akan berlangsung seru dan sengit. Apalagi kedua pemain juga memiliki misi berbeda di klubnya masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hamka Bek Senior

Hamka dipastikan akan tampil habis-habisan menjaga pertahanan demi bisa meraih tiga poin penuh atas Barito Putera sekaligus mengambil posisi puncak yang direbut Madura United. Seperti diketahui, Arema saat ini berada di peringkat kedua dengan koleksi 26 poin, sedangkan MU kukuh di puncak dengan 27 poin.

Sementara Yongki juga akan mengerahkan kemampuan terbaiknya demi bisa membobol gawang Arema. Sebab, jika itu terjadi Barito Putera berpeluang meraih poin dan mengembalikan klub asuhan Mundari Karya ini ke jalur kemenangan.

Setelah berbicara tentang latar belakang kedua pemain, ada baiknya masuk ke dalam karakter dan gaya bermain dua pemain yang akan beradu kemampuan.

Hamka merupakan salah satu bek senior di Indonesia yang memiliki kemampuan membaca pertandingan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase keberhasilan tekelnya yang mencapai 62 persen.

Tak hanya piawai mengantisipasi bola bawah, Hamka juga hebat dalam memenangi duel udara. Mantan pemain Mitra Kukar ini memiliki lompatan yang tinggi untuk menunjang kemampuan sundulannya.

Tapi, senjata yang paling mematikan dari Hamka adalah instingnya mencetak gol. Dengan tiga gol yang sudah dicetaknya membuktikan Hamka sangat berbahaya ketika membantu serangan.

3 dari 3 halaman

Yongki Pelapis yang Diandalkan

Beralih ke kubu lawan, Yongki adalah tipe striker yang mengandalkan kecepatan. Tubuhnya tidak besar, itu memudahkan dia beradu cepat dengan bek-bek lawan yang besar.

Ini juga menjadi pembuktian bagi Yongki bahwa dia bisa menggantikan Luis Carlos sebagai mesin gol untuk Barito. Dia punya kemampuan sebagai target man yang bertugas menahan bola dan memberikannya kepada pemain lain.
 
Statistik mencatat, akurasi operan Luis Carlos mencapai 85 persen keberhasilan. Tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Yongki untuk mencetak gol ke gawang Arema.

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini