Sukses

Real Madrid Tanpa Ronaldo, Zidane Coba Formasi 4-4-2

Real Madrid tanpa Cristiano Ronaldo saat melawan Sevilla pada Piala Super UEFA.

Liputan6.com, Montreal - Real Madrid tanpa Cristiano Ronaldo saat melawan Sevilla pada gelaran Piala Super UEFA di Lerkendal Stadium, Trondheim, 9 Agustus mendatang. Ronaldo absen karena masih dalam proses pemulihan cedera lutut.

Tanpa sosok Ronaldo, pelatih Madrid, Zinedine Zidane mulai mencoba taktik baru. Dikutip dari media Spanyol, AS, pada sesi latihan sore di Montreal, Zidane memainkan dua orang striker di lini depan.

Pelatih berkebangsaan Prancis itu menempatkan Karim Benzema, yang baru pulih dari cedera pinggul dan Alvaro Morata di lini depan. Keduanya tampak kompak meski sudah dua tahun tidak bekerja sama.

Sementara Gareth Bale bermain di belakang Benzema dan Morata. Namun, sesekali bintang Timnas Wales itu bermain melebar di posisi sayap kiri.



Dalam latihan tersebut, Zidane juga mencari alternatif di lini pertahanan. Dua bek tengah Madrid, Sergio Ramos dan Raphael Varane tidak bermain di tim utama saat latihan. Zidane menempatkan empat pemain di lini belakang, yakni Marcelo, Lienhart, Terejo dan Carvajal.

Kiper Los Blancos, Keylor Navas juga sudah terlihat latihan bersama. Navas tampak sudah pulih setelah mengikuti program pemulihan usai operasi di kaki kirinya pada Juni lalu.

Madrid akan memulai pramusim mereka dengan laga melawan Paris Saint-Germain di Colombus, Ohio, Rabu (27/7/2016). Namun, pikiran Zidane sesungguhnya pada pertandingan Piala Super Eropa kontra Sevilla pada 9 Agustus 2016.

Ia harus menyiapkan taktik tanpa Cristiano Ronaldo di lapangan. Zidane dalam sesi latihan terakhir mencoba memainkan Alvaro Morata dan Karim Benzema bersama. Hal itu menyiratkan kemungkinan Los Merengues menerapkan pola 4-4-2 untuk laga kontra Sevilla.



Seperti dilansir Marca, itu merupakan perubahan di mana biasanya Zidane memakai pola 4-3-3 ketika memiliki Gareth Bale dan Ronaldo dalam kondisi fit. Bale sendiri belum bisa dimainkan kala Madrid melawan PSG di International Champions Cup.

Tentu menjadi opsi paling masuk akal mencoba menduetkan Morata dan Benzema demi ketajaman. Apalagi, lini depan Madrid belum bisa diperkuat Ronaldo karena cedera dan Bale, yang belum benar-benar fit usal liburan musim panas selepas Piala Eropa 2016.



Bagi Zidane, trio BBC (Bale, Benzema, Cristiano) adalah sesuatu yang tidak bisa diutak-atik sejak pertama kali dia menjadi pelatih kepala Madrid. Situasi ini sesungguhnya terbilang baru bagi Zidane, namun bersifat sementara. Ini juga bisa menjadi pembuktian Madrid tak ketergantungan pada trio BBC.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini