Sukses

Rekor Pertemuan Arema Cronus Vs Barito Putera

Laga Arema kontra Barito selalu sengit sejak era Liga Indonesia.

Liputan6.com, Malang - Stadion Kanjuruhan pada pekan ke-12 Torabika Soccer Championship (TSC) presented by IM3 Ooredoo, Selasa (26/7) bakal kembali ingar-bingar. Setelah menjamu Perseru Serui pada pekan ke-11 dan Arema Cronus menang 3-0, tim asuhan Milomir Seslija tersebut akan menjamu Barito Putera.

Di era ISL, Arema belum pernah kalah saat menjamu Barito Putera. Mereka menang 2 kali dan seri 1 kali. Total, di era ISL, Kedua tim telah saling bentrok selama 5 kali baik kandang dan tandang. Arema unggul dengan meraih 3 kemenangan, 1 seri, dan 1 kalah. Satu-satunya kemenangan Barito terjadi di kandang mereka pada ISL 2013 dengan skor 1-0.



Hanya saja, pertemuan Arema dan Barito tak hanya terjadi di ISL saja. Bentrok keduanya bisa dikatakan memanas dalam empat kompetisi di sepak bola Indonesia.

Sebagai klub sesama warisan Galatama, keduanya telah bersua sejak era Galatama digelar. Hanya saja, tidak ada data valid terkait pertemuan keduanya di era ini. Pastinya, baik Singo Edan dan Barito sudah saling bentrok di era Galatama.

Rekor pertemuan mereka baru bisa diketahui di era Liga Indonesia yang dimulai pada 1994-95. Di era LI, Arema dan Barito sangat kenal, karena bersua 10 kali. Hasilnya, Arema mendominasi dengan 5 kemenangan, 2 seri, dan 3 laga untuk kemenangan Barito.

Di era LI, Arema bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Barito sebanyak 5 kali. Singo Edan tak pernah kalah dengan meraih 4 kemenangan dan 1 kali seri. Hebatnya, dari 5 kali menjamu Barito, gawang Arema tak pernah kebobolan.

Bagaimana dengan kompetisi keempat? Setelah Galatama, Liga Indonesia, dan ISL, Arema dan Barito sempat bertemu dua kali dalam kandang dan tandang di Divisi I 2014. Kala itu Arema selalu menang.

Terdapat satu laga yang bukan kompetisi yang mempertemukan Arema dan Barito. Itu terjadi di babak 8-besar Inter Island Cup 2014. Kala itu keduanya bermain imbang 2-2.

Minus kompetisi Galatama dan tak memedulikan laga Inter Island Cup, Arema telah 9 kali menjamu Barito dan perinciannya adalah 5 kali di LI, 3 kali di ISL, dan 1 kali di DU. Hasilnya, Singo Edan menang 7 kali dan seri 1 kali. Artinya, minus Galatama, Arema tak terkalahkan ketika menjamu Barito.

Bagaimana dengan sekarang? Pastinya Singo Edan akan termotivasi dengan catatan tersebut. Mereka ingin meneruskan rekor apik saat menjamu Laskar Antasari.

Galatama
(Tak ada data valid)

Liga Indonesia
Main: 10
Arema Menang: 5
Barito Menang: 3
Seri: 2

Divisi Utama
Main: 2
Arema Menang: 2
Barito Menang: 0
Seri: 0

ISL
Main: 5
Arema Menang: 3
Barito Menang: 1
Seri: 1

(Penulis: I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini