Sukses

Jebolan Timnas U-19 Asuhan Indra Sjafri: Di Mana Mereka Sekarang?

Para pemain Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri menjadi pemain inti di klub-klub TSC 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo memunculkan fenomena tersendiri. Pemain senior memang masih beredar. Tak hanya itu, masing-masing klub juga berlomba-lomba mendapatkan pemain asing berlabel bintang. Kebanyakan berasal dari Brasil.

Meski begitu, minat terhadap pemain lokal berusia muda ternyata tak kalah besar. Ini yang menjadi fenomena tersendiri. Hanya, bukan sembarang pemain muda didikan klub atau dari tim junior, melainkan jebolan Timnas U-19.

Benar, para pemain eks timnas U-19 tampaknya masih menjadi daya tarik tersendiri bagi klub-klub di Indonesia. Terbukti, banyak dari mereka yang mengisi daftar skuat para kontestan TSC. Bahkan, tak sekadar menjadi pemanis di bangku cadangan, mereka juga menjadi andalan klub yang dibelanya.

Bali United adalah salah satu klub yang diperkuat cukup banyak jebolan timnas U-19. Rasanya itu wajar karena Serdadu Tridatu - julukan Bali United, dilatih oleh Indra Sjafri. Perlu diketahui, Indra merupakan eks pelatih timnas U-19 yang mampu mengantarkan Garuda Jaya juara Piala AFF U-19 2013. Selain itu mengantarkan timnas U-19 lolos ke Piala AFC (ASia) U-19 pada 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Pemain Inti Klub

Selain masih muda, para pemain eks Garuda Jaya dinilai memiliki masa depan cerah dengan kemampuan yang luar biasa. Bukan tanpa alasan pula klub-klub besar di Tanah Air, termasuk Bali United, kemudian memutuskan mengontrak mereka.

Bali United sendiri diperkuat eks pemain timnas U-19 yakni Ricky Fajrin, Rully Desrian, Mochammad Dicky Indrayana, Yabes Roni Malaifani, Hendra Sandi Gunawan, Martinus Novianto, Miftahul Hamdi, dan Mahdi Fahri Albaar. Dari mereka, Ricky, Rully, dan Yabes Roni menjadi pilar tim. Oleh Indra, mereka dijadikan pemain reguler.

Sementara itu, tim lain yang mengandalkan mantan pemain timnas U-19 adalah Bhayangkara Surabaya United. Pelatih Ibnu Grahan menempatkan Evan Dimas Darmono, M Fathur Rochman, Ilham Udin Armaiyn, M. Zulfiandi, I Putu Gede Juni Antara, Hargianto, dan Sahrul Kurniawan sebagai pemain reguler. BSU memang mengutamakan pemain-pemain muda.

Dua klub tersebut tercatat yang paling banyak menggunakan jasa pemain eks timnas U-19. Meski begitu, masih ada klub lain yang diperkuat oleh mantan pemain timnas U-19 meski tak sebanyak Bali United dan BSU.

3 dari 3 halaman

Jebolan Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri di TSC 2016

Berikut ini persebaran para pemain jebolan timnas U-19 di TSC 2016:

Bali United
Ricky Fajrin, Rully Desrian, Mochammad Dicky Indrayana, Yabes Roni Malaifani, Hendra Sandi Gunawan, Martinus Novianto, Miftahul Hamdi, dan Mahdi Fahri Albaar. Dari mereka, Ricky, Rully, Yabes Roni

Bhayangkara Surabaya United
Evan Dimas Darmono, M Fathur Rochman, Ilham Udin Armaiyn, M. Zulfiandi, I Putu Gede Juni Antara, Hargianto, Sahrul Kurniawan

Barito Putera
Hansamu Yama, Paulo Sitanggang

PSM Makassar
Maldini Pali, Muchlis Hadi

Mitra Kukar
Septian David Maulana, Dinan Yahdian Javier

PS TNI
Ravi Murdianto, Dimas Drajad

Sriwijaya FC
Ichsan Kurniawan

Persib Bandung
Yanto Basna

(Penulis: I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.