Sukses

5 Transfer Termahal Sepanjang Sejarah Juventus

Lima pemain ini merupakan lima pemain termahal yang pernah didatangkan Juventus. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Gonzalo Higuain resmi pindah dari Napoli ke Juventus. El Pipita -julukan Higuain- menjadi pembelian termahal Juventus sepanjang sejarah klub.

Bianconerri -julukan Juventus- memboyong Higuain usai membayar 76,5 juta pounds atau Rp 1,32 triliun pada Napoli. Higuain sendiri dikontrak oleh Juve untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

Di bursa transfer musim panas ini, Higuain adalah pemain kelima yang diboyong Juventus.  Empat pemain yang juga diboyong Juve adalah Mehdi Benatia, Miralem Pjanic, Marko Pjaca, dan Dani Alves.

Berbicara soal transfer Higuain, transfer ini memecahkan rekor 15 tahun transfer termahal yang pernah dilakukan Juve. Sebelumnya rekor ini dipegang oleh Gianluigi Buffon saat diboyong Juventus dari Parma pada musim 2001/02 senilai 44,95 juta pound sterling.

Berikut lima transfer termahal yang pernah dilakukan Juventus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Paulo Dybala

5. Paulo Dybala

Di peringkat kelima ada nama striker asal Argentina, Paulo Dybala. Striker berusia 22 tahun ini menjadi pemain termahal kelima dalam sejarah Juventus.

Dybala diboyong Juventus dari Palermo pada bursa transfer awal musim 2015/16.  Untuk membawa Dybala, Juventus harus merogoh kocek senilai 27,2 juta pounds.

Melihat penampilan Dybala, pembelian itu rasanya tak sia-sia. Di musim pertamanya, Dybala mampu membukukan 23 gol dari 46 penampilan bagi Juventus di semua kompetisi.

Kontribusinya itu turut membuat Juventus sukses merengkuh trofi Liga Italia musim 2015/16, Coppa Italia, dan Piala Super Italia.

3 dari 6 halaman

Pavel Nedved

4. Pavel Nedved

Nedved merupakan salah satu pemain tersukses di Juventus dengan catatan 247 kali tampil dan 51 gol. Pria asal Republik Ceko ini adalah salah satu tulang punggung kesuksesan Juventus di periode 2001 hingga 2007.

Kesetiaan Nedved pada Juventus pun tidak perlu dibuktikan lagi. Saat Juventus terpaksa terdegradasi ke Serie B karena kasus Calciopoli, Nedved tak pindah klub dan tetap berkostum Juventus.

Tidak heran, Juve kini memercayakan jabatan Wakil Presiden Klub pada Nedved sebagai penghargaan padanya.

Nedved dibeli Juventus dari Lazio pada musim 2001/02 dengan harga 35 juta pounds. Ketika itu, Nedved didatangkan untuk menggantikan Zinedine Zidane yang dilego Juventus ke Real Madrid.

4 dari 6 halaman

Lilian Thuram

3. Lilian Thuram

Kuat dalam duel fisik dan sulit ditembus striker lawan. Itulah karakter Lilian Thuram sebagai bek. Bek asal Prancis yang kini telah pensiun ini merupakan salah satu bek terbaik dalam sejarah Liga Italia.

Thuram dibeli Juventus dari Parma dengan harga 35,28 juta pounds. Saat itu, usianya sudah 29 tahun. Kendati sudah lewat usia emas, kontribusi Turam tak bisa disepelekan.

Posisi Thuram di lini belakang Juventus hampir tak tergantikan. Terbukti, dia tampil 144 kali sejak pindah ke Juventus pada 2001 dan kemudian hengkang pada 2006.

Sayangnya, Thuram hanya mampu  mempersembahkan 2 trofi Liga Italia, dan 2 trofi Piala Super Italia.

5 dari 6 halaman

Gianluigi Buffon

2. Gianluigi Buffon

Pembelian Buffon mungkin menjadi pembelian tersukses Juventus sepanjang sejarah. Bagaimana tidak, Buffon setidaknya memegang 11 rekor pribadi bersama Juventus.

Bukan hanya itu, Buffon mempersembahkan 7 trofi Liga Italia, 1 trofi Serie B, 2 trofi Coppa Italia, dan 5 trofi Piala Super Italia. Buffon juga sukses mengantarkan Juventus dua kali ke final Liga Champions.

Melihat pencapaian itu, mungkin tidak ada yang menyangka Buffon bisa begitu sukses dan menjelma sebagai salah satu legenda Juventus. Pasalnya, saat diboyong Juve, Buffon baru berusia 21 tahun. Apalagi, harganya juga sangat mahal yakni 44,95 juta pounds.

Hingga kini, harga itu belum mampu dipecahkan kiper manapun di seluruh dunia.

6 dari 6 halaman

Gonzalo Higuain

1. Gonzalo Higuain

Setelah 15 tahun bertahan, rekor Buffon akhirnya dipecahkan oleh Gonzalo Higuain. Juventus membeli bomber Argentina ini dari Napoli dengan harga 76,5 juta pounds.

Transfer Higuain termasuk transfer yang alot. Juventus harus tarik ulur dengan Napoli soal harga bomber Argentina ini. Pasalnya, Presiden Napoli, Aurelio De Laurentis  bersikukuh enggan menurunkan banderol Higuain yakni 75,27 juta pound sterling.

Higuain pun awalnya sempat diisukan bakal berlabuh di Arsenal. Higuain datang ke Juventus dengan modal sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Italia dalam satu musim yakni 36 gol. Selain itu, Higuain juga pernah sukses membawa Napoli merengkuh trofi Coppa Italia, dan Piala Super Italia.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini