Sukses

Roger Federer Batal Tampil di Olimpiade 2016

Petenis veteran Roger Federer memilih fokus untuk pemulihan cedera lututnya.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Penikmat tenis dunia bakal kehilangan aksi Roger Federer di Olimpiade Rio 2016 Agustus mendatang. Petenis asal Swiss itu memutuskan untuk menarik diri dari pesta olahraga dunia empat tahunan tersebut karena ingin memperpanjang masa pemulihan cedera lututnya.

Sebenarnya, juara 17 kali Grand Slam ini berpeluang untuk merebut medali emas di Rio, satu-satunya gelar yang belum pernah diraihnya. Namun, seperti dilansir Daily Mail pada Rabu (27/7/2016) siang, Federer mengumumkan kabar mengejutkan.

"Saya sangat kecewa mengumumkan bahwa saya tidak dapat mewakili Swiss di Olimpiade di Rio dan saya juga akan kehilangan sisa musim ini," kata Federer.

"Mempertimbangkan segala pilihan setelah berkonsultasi dengan para dokter dan tim saya, saya telah membuat keputusan sangat sulit untuk mengakhiri karier saya pada musim 2016 karena saya butuh perpanjangan rehabilitasi dari operasi lutut saya awal tahun ini," ucapnya.

Usai operasi, Federer sempat beraksi di Monte Carlo pada April namun insiden terjatuh di lapangan pada set kelima, membuatnya kalah di semifinal oleh Milos Raonic. Karena hal itu juga, kerusakan pada lututnya bertambah parah.

Petenis 35 tahun itu menjadi atlet top kedua yang mengundurkan diri dari Olimpiade, setelah runner-up Wimbledon 2016, Milos Raonic dari Kanada karena khawatir pada virus Zika. Dari tunggal putri, peringkat kelima dunia, Simona Halep dari Rumania punya kekhawatiran yang sama dan memilih untuk berkonsultasi dengan keluarga serta pakar kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.