Sukses

10 Klub Sepak Bola Paling Legendaris di Dunia (Bagian II)

Klub-klub ini termasuk ke dalam 10 klub legendaris di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk bisa disebut sebagai klub sepak bola legendaris, sebuah klub haruslah memiliki sederet prestasi mentereng. Tak hanya itu, klub tersebut juga harus memiliki nilai historis yang kental.

Di antara ratusan bahkan ribuan klub sepak bola di dunia, ada beberapa klub yang berhasil memenuhi kriteria tersebut. Klub-klub ini mampu menahbiskan diri mereka sebagai klub-klub sepak bola yang legendaris berkat deretan trofi dan sejarah yang mereka miliki.

Beberapa waktu lalu, Liputan6.com mengutip Football Slides telah mengulas lima klub yang masuk ke dalam 10 klub sepak bola legendaris di dunia. Kelima klub itu: Ajax Amsterdam, Juventus, Manchester United, Liverpool, dan Bayern Muenchen.

Masih mengutip Football Slides, berikut lima klub lain yang juga masuk ke dalam kategori klub legendaris di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Glasgow Celtic

1. Glasgow Celtic

Bagi beberapa kalangan, Celtic mungkin tak sepopuler klub legendaris lainnya. Hal itu bisa dimengerti mengingat Celtic saat ini jarang berprestasi di tingkat Eropa.

Namun dulu, The Boys termasuk ke dalam klub yang disegani. Di Skotlandia, Celtic adalah klub besar. Mereka telah 47 kali menjadi juara Liga Skotlandia, 36 kali juara Piala Skotlandia, dan 15 kali juara Piala Liga Skotlandia.

Tak hanya itu, Celtic juga pernah menjuarai Liga Champions (kala itu Piala Champions) pada musim 1966/67. Celtic juga masuk ke dalam daftar tujuh klub di seluruh dunia, yang pernah meraih treble winners.

3 dari 6 halaman

River Plate

2. River Plate

Satu dari dua klub terbesar di Argentina selain Boca Juniors. River Plate juga klub sukses di Argentina dengan 36 gelar juara Liga, 8 Piala turnamen domestik dan 15 titel tingkat internasional.

Sebagai klub, River punya sejarah panjang. Klub ini didirikan pada 25 Mei 1901 dan punya reputasi mentereng di sepak bola Argentina. Selain karena raihan trofi, River juga rutin menelurkan pemain-pemain berkualitas yang kelak menghuni timnas Argentina.

Javier Mascherano, Andres D'Alessandro, dan Mario Kempes adalah nama-nama jebolan River yang sempat berkostum tim nasional.

4 dari 6 halaman

AC Milan

3. AC Milan

Tidak ada yang meragukan AC Milan sebagai klub legendaris di dunia. Rossonerri punya prestasi mentereng baik di ajang domestik, kontinental, maupun internasional.

Milan adalah klub kedua setelah Real Madrid yang mengoleksi gelar juara Liga Champions terbanyak. Total, Milan telah merengkuh tujuh gelar di turnamen paling tinggi di level klub di Eropa.

Sejumlah legenda juga lahir dari Milan antara lain Franco Baresi, Ruud Gullit, Marco Van Basten hingga Paolo Maldini.

Sayangnya, Milan tengah terpuruk dalam beberapa tahun belakangan. Tim yang kini diasuh Vincenzo Montella ini masih berjuang menemukan jalan kembali ke papan atas.

5 dari 6 halaman

Barcelona

2. Barcelona

Sulit untuk tidak memasukkan Barcelona ke dalam daftar klub legendaris di dunia. Bagaimana tidak selain sederet prestasi, Blaugrana punya sisi sejarah yang luar biasa.

Semboyan Mes Que un Club yang berarti Lebih dari Sekadar Klub merupakan buktinya. Barcelona kerap diasosiasikan sebagai simbol perlawanan rakyat Katalan pada Spanyol.

Barcelona juga terkenal berkat produktivitas akademi sepak bolanya, La Masia dalam memproduksi pemain-pemain kelas dunia. Siapa yang tidak kenal Lionel Messi? Pemegang lima gelar Ballon d'Or itu merupakan alumnus La Masia dan kini berkostum Barcelona.

6 dari 6 halaman

Real Madrid

1. Real Madrid

Klub tersukses di kolong jagat, Real Madrid. Total mereka sudah mengoleksi 50 gelar domestik, 15 gelar tingkat Eropa, dan 4 gelar tingkat dunia.

Sama seperti rival abadinya, Barcelona, Madrid punya sejarah yang panjang sebagai klub sepak bola. Jika Barca diasosiasikan sebagai simbol perlawanan Katalan, maka Madrid sebaliknya.

Kata Real yang menempel pada nama Madrid merupakan representasi dari Kerajaan Spanyol yang selama ini dilawan oleh masyarakat Katalan.

Madrid juga merupakan klub paling bernilai di dunia. Ya, nilai klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini mencapai US$ 3,4 miliar atau sekitar Rp 44 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini