Sukses

Pemain Sunderland Bergidik Dengar Suara Gergaji Mesin di Pesawat

Jack Rodwell berteriak-teriak memanggi pramugari setelah mendengar suara aneh dari mesin pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan skuat Sunderland menuju Swiss diwarnai insiden mendebarkan. Pesawat yang ditumpangi pasukan David Moyes, sempat mengalami kerusakan mesin tidak lama setelah terbang dari Newcastle. Akibatnya, pesawat mereka harus mendarat darurat di Manchester. 

Jack Rodwell, salah seorang pemain Sunderland menceritakan kengerian yang mereka alami selama penerbangan, Minggu (24/7/2016). Dalam perjalanan tersebut, seperti dilansir The Sun, Rodwell duduk di bagian belakang bersama dua rekannya, Lee Cattermole and Billy Jones.

 

Posisi mereka tidak jauh dari salah satu mesin pesawat. Awalnya semua berjalan lancar, sampai kemudian mereka mendengar suasa aneh mirip gergaji mesin yang hendak dinyalakan. 

"Kami langsung berpikir,'Apa yang sedang terjadi?'. Suaranya juga mirip bagasi yang tumpah dari pesawat," kata Rodwell. "Hampir setengah penumpang pesawat tidak menyadari suara itu, tapi saya berada dua baris dari belakang," ujar mantan pemain Manchester United itu menambahkan.

Perasaan panik langsung menyergap Rodwell dan kedua rekannya. Mereka lalu berteriak-teriak kepada pramugari dan memintanya mendengar suara aneh tersebut. "Dia (Pramugari) lalu mendengarkannya dan wajahnya menunjukkan kalau sesuatu tidak baik tengah terjadi," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pramugari Berusaha Menenangkan Penumpang

Pramugari berusaha menenangkan penumpang pesawat. Kepada Rodwell Cs, mereka menyampaikan bahwa pesawat masih bisa terbang dengan satu mesin saja. Namun belakangan, pilot justru benar-benar mematikan mesin tersebut dan berusaha mencari lokasi pendaratan.

"Kita harus turun, ini tidak baik," kata pramugari yang menambah panik para penumpang. 

"Butuh 15 menit untuk turun dan Anda akan berpikir,'Apa yang terjadi bila mesin yang satunya lagi ikut mati?'. Anda akan tewas bukan?" kata Rodwell. 

Pesawat lalu berputar di antara Stafford dan Derby sebelum kemudian mendarat darurat di Manchester. Satu per satu penumpang turun dan diboyong menggunakan bus. Di bandara, kru pesawat mengatakan bahwa insiden yang baru terjadi lebih buruk dari dugaan mereka semula.

Rodwell dan pemain-pemain lainnya trauma dengan insiden ini. Rodwell bahkan sempat menyangka pesawat mereka telah jadi korban aksi teror. Dia pun enggan naik pesawat lagi. 

"Itu pengalaman yang sangat menakutkan, saya tidak mau naik pesawat lagi," katanya. "Pengalaman ini membuat sebagian dari kami juga takut untuk naik pesawat lagi," ujarnya. 

Saat turun dari pesawat dan berjalan menuju bus, para pemain diberitahu kru bakal berusaha memperbaiki pesawat yang mereka tumpangi. Informasi ini bukannya melegakan, tapi sebaliknya malah membuat para pemain bertambah panik. Rodwell bahkan sudah berniat 'balik kanan'. 

"Kami merespons: Tidak akan! Apapun yang kamu lakukan terhadap pesawat itu, kami tidak akan naik ke sana," kata Rodwell. "Saya ingin berangkat, tapi saya tidak mau naik pesawat," katanya.

Sunderland akhirnya tidak jadi menggunakan pesawat yang bermasalah. Perjalanan mereka menuju Jenewa, kemudian dilanjutkan dengan pesawat lain yang bertolak dari Aberdeen. Setelah menjalani uji coba di Swiss, pasukan Black Cat selanjutnya akan terbang ke Prancis. 

3 dari 3 halaman

Pesawat MU Mendarat Darurat

Sebelumnya, satu dari dua pesawat yang mengangkut pemain Manchester United dari Shanghai menuju Beijing, Sabtu lalu sempat terganggu cuaca buruk. Akibatnya, pilot terpaksa melakukan pendaratan darurat di Thianjin. Insiden ini membuat setengah pemain MU terlambat tiba di lokasi tujuan.

Manchester United juga akhirnya batal bertemu Manchester City di Beijing. Pasalnya, cuaca buruk membuat lapangan pertandingan di Bird Nest Stadium tidak aman digunakan untuk bertanding.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.