Sukses

Demi Rio Haryanto, Kemenpora Surati Manor

Putaran pertama Formula 1 2016 akan berakhir seusai GP Jerman 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Nasib Rio Haryanto sebagai pembalap Manor Racing masih belum jelas. Ada kemungkinan petualangan Rio di Formula 1 2016 akan segera berakhir. Tak mau menyerah, Kemenpora mengaku siap mengirimkan surat mengenai hal tersebut kepada Manor.

Dalam beberapa pekan terakhir, media-media di Indonesia ramai membahas soal nasib Rio. Maklum, banyak yang meyakini GP Hungaria 2016 di Sirkuit Hongaroring, Minggu (24/7/2016), sebagai seri terakhir yang dilakoni Rio sebagai pembalap Manor.

Situasi itu harus dihadapi Rio karena ia belum menyelesaikan kewajibannya terkait pembayaran kepada Manor. Ya, syarat utama Rio agar bisa menjadi pembalap Manor di musim ini adalah merogoh kocek 15 juta euro yang diberikan kepada Manor. Masalahnya, hingga saat ini pihak Rio baru bisa membayar 8 juta euro.

Menurut kabar yang beredar, jika tak mampu melunasinya hingga putaran pertama musim ini, Rio harus meninggalkan kokpit MRT05 yang sudah ia tempati selama sejak Maret 2016. Tentu saja, kenyataan itu akan menjadi berita yang menyedihkan bagi pendukung Rio dan masyarakat Indonesia.

Berbagai pihak memang sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan Rio. Mulai dari program SMS donasi, penjualan merchandise, hingga penggalangan dana. Faktanya, hingga kini Rio masih belum mendapatkan dana yang dibutuhkan. Menyikapi kondisi tersebut, Kemenpora mengaku akan mengirimkan surat kepada Manor.

"Kami mendapatkan surat dari Manor pada 18 Juli 2016. Mereka memberitahukan, jika tak ada dukungan finansial dari pemerintah Indonesia, Rio akan terakhir berlaga di Budapest. Kami menghormati keputusan mereka," tutur Gatot S Dewa Broto, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, kepada Liputan6.com, Rabu (27/7/2016).

"Pekan ini surat akan dikirimkan dari Kemenpora. Kami berharap mereka bisa mempertahankan Rio hingga akhir musim," lanjut Gatot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiba di Jerman

Terlepas dari nasibnya yang masih abu-abu, Rio membuktikan komitmennya sebagai pembalap Manor. Buktinya, ia baru saja tiba di Jerman untuk beraksi pada GP Jerman di Sirkuit Hockenheimring, Hochenheim, Minggu (31/7/2016). Bahkan, Rio tetap mendapat sambutan dari WNI yang tinggal di Jerman.

Sambutan yang didapat Rio Haryanto, pembalap Manor Racing, saat tiba di bandara jelang GP Jerman 2016 di Sirkuit Hockenheimring. (Facebook Manor)

Meski masih belum jelas, Rio sendiri merasa optimistis bisa menyelesaikan petualangan bersama Manor hingga akhir musim. Jika Anda melihat saya di Hockhenheim, saya pikir saya akan melanjutkannya hingga akhir musim," tutur Rio seperti dilansir Crash.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini