Sukses

Indonesia Kirim Wasit Taekwondo ke Olimpiade 2016

Ini kali pertama Indonesia mengirim seorang wanita menjadi wasit Taekwondo di Olimpiade.

 

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tidak hanya mengirimkan atlet ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Merah Putih juga akan menempatkan salah satu wakilnya sebagai wasit pada cabang olahraga Taekwondo. 

Rahadewineta, bakal memimpin beberapa laga di Rio de Janeiro, Brasil. Dia ditunjuk oleh Federasi Taekwondo Dunia (WTF) setelah melewati proses seleksi ketat selama berbulan-bulan. Ini kali pertama Indonesia mengirimkan seorang wanita menjadi wasit pada Olimpiade. 

"Total 11 bulan saya harus melewati proses seleksi untuk lolos sampai akhir. Saya tidak ingat persis berapa orang yang diseleksi. Kira-kira 100 orang," ujarnya di Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Selama seleksi, Rahadewineta diminta memimpin sejumlah pertandingan internasional. WTF selaku induk olahraga Taekwondo selanjutnya memberi penilaian terhadap penampilannya.

Menurut Rahadewineta, dari 30 wasit yang bertugas, setengahnya merupakan wanita. Wanita berusia 32 tahun itu juga menuturkan kalau dia bukan satu-satunya wasit Asia di Olimpiade nanti. 

"Selain saya ada 15 orang wasit wanita yang juga akan memimpin di sana. Karena WTF sekarang mengutamakan equality (kesetaraan)," ujarnya.

Sebagai wasit Rahadewineta ternyata tidak diizinkan memberitahukan laga-laga yang akan dipimpinnya. Menurutnya aturan ini dikeluarkan langsung oleh WTF. Selama di Olimpiade, WTF juga melarang Rahadewineta memimpin pertandingan atlet-atlet dari Asia. 

"Karena itu sudah peraturan WTF. Di sana pun saya tidak diperbolehkan memimpin pertandingan atlet Asia karena saya berasal dari Asia juga," ujarnya.

 

Rahadewineta bukanlah sosok baru bagi dunia Taekwondo Indonesia. Dia merupakan mantan atlet nasional olahraga beladiri yang berasal dari Korea Selatan itu. Pada tahun 2008, Rahadewineta pernah menyabet medali perak pada kejuaraan Amerika Terbuka, Oregon.  

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.