Sukses

Bisikan Kagawa Bantu Manchester United Dapatkan Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan bukan pemain Borussia Dortmund pertama yang bergabung dengan MU.

Liputan6.com, Jakarta - Shinji Kagawa punya kenangan pahit bersama Manchester United. Namun pemain asal Jepang itu tidak melaporkannya kepada rekan setimnya di Borussia Dortmund, Henrikh Mkhitaryan. Sebaliknya, Kagawa justru ikut mendorong Mkhitaryan bergabung dengan skuat Setan Merah musim ini. 

Mkhitaryan telah resmi berkostum Manchester United. Pemain Armenia tersebut diboyong ke Old Trafford pada bulan ini dengan nilai transfer 26 juta pound sterling atau setara Rp448 Miliar. 

Namun Mkhitaryan bukan pemain Dortmund pertama yang pindah ke MU. Sebelumnya, gelandang serang Samurai Biru, Shinji Kagawa telah lebih dulu merasakan atmosfer bintang Setan Merah. 

Sayang, petualangan Kagawa ke Old Trafford tidak berjalan mulus. Seperti dilansir Metro.co.uk, di sana dia justru kesulitan menembus skuat inti. Sepanjang dua musim (2012-2014) berkostum MU, Kagawa hanya tampil 38 kali dan mencetak 6 gol. Hubungannya dengan pemain lain juga tidak baik. 

Setelah dua musim, Kagawa pun mengakhiri petualanganya bersama MU. Pemain yang kini sudah berusia 27 tahun itu kemudian minta dikembalikan ke klub Dortmund, dan disetujui.  

Meski demikian, Kagawa tidak menaruh dendam ke Setan Merah. Sebaliknya, Kagawa justru banyak memberikan informasi positif kepada Mkhitaryan saat mendapat tawaran dari Setan Merah.

"Saya tidak menjanjikan apapun, saya selalu mengatakan saya akan coba," kata Mkhitaryan kepada Telegraph saat disinggung perjuangan yang pernah dilalui Kagawa di MU.  

"Sebab kalau kau menjanjikan sesuatu dan kamu tidak melakukannya, maka selamanya kami akan berada di bawah tekanan. Saya ingin melakukan apapun demi meningkatkan level saya."

Menurut Mkhitaryan, Kagawa juga banyak memberinya informasi tambahan seputar MU. Salah satunya mengenai kunci agar bertahan lama di skuat berjuluk Setan Merah itu. 

"Setiap kali Kagawa bebicara soal Manchester United dia selalu memberitahu yang baik-baik saja dan kesan yang baik-baik juga," katanya. "Anda harus berusaha dan melakukan apa saja untuk menunjukkan sebagus apa kualitas Anda sebenarnya, di luar itu Anda akan hilang," kata Mkhitaryan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Henrikh Mkhitaryan adalah pemain sepak bola profesional posisi gelandang di klub Inggris Manchester United.
    Henrikh Mkhitaryan adalah pemain sepak bola profesional posisi gelandang di klub Inggris Manchester United.

    Henrikh Mkhitaryan

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Shinji Kagawa

Video Terkini