Sukses

Timnas Indonesia Tanpa Pemain Naturalisasi?

Dari 47 nama pemain yang diseleksi, tidak ada pemain naturalisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl telah mengumumkan 47 nama daftar pemain untuk mengikuti seleksi Timnas menghadapi Piala AFF 2016. Namun, tidak ada satu pun pemain naturalisasi yang dipanggil dalam daftar 47 nama tersebut.

Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, Bio Paulin, Sergio van Dijk, Cristian Gonzales, dan Raphael Maitimo, adalah sederet pemain naturalisasi pernah membela Timnas Indonesia. Tapi, mereka tidak dipanggil Riedl dalam seleksi yang dibagi dalam dua gelombang itu.

Muncul pertanyaan apakah ini sinyal pelatih asal Austria tersebut untuk tidak menggunakan jasa pemain naturalisasi ketika Timnas berkiprah di Piala AFF 2016. Namun, asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, membantah anggapan tersebut.

"Sistem dua gelombang sama seperti 2010, banyak pemain baru dan muda, tetapi masih ada kesempatan untuk pemain lain," ungkap Pikal kepada Liputan6.com, Sabtu (30/7/2016).

"Pemain naturalisasi tetap ada kesempatan. Jika performa bagus, pasti Alfred (Riedl) mempertimbangkan untuk dipanggil," paparnya.

Pembagian pemanggilan pemain dalam dua gelombang bertujuan agar gelaran Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo tidak terganggu. Gelombang pertama akan berkumpul pada 8 sampai 11 Agustus, sedangkan gelombang kedua menyusul 15-18 Agustus 2016.

Menurut Pikal, kesempatan masih terbuka bagi pemain yang belum masuk dalam daftar 47 nama kemarin. Dia mengungkapkan, bukan tidak mungkin nanti ada pemain yang cedera atau sakit sehingga tidak bisa membela Tim Garuda.

"Kita cari 26 pemain dulu dari hasil TC seleksi uji coba pertama, semua tergantung performa pemain jika ingin dipanggil," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini