Sukses

Mourinho Sewa Dokter Gigi Lokal untuk Periksa Pemain MU

Meski terkesan sepele, pelatih asal Portugal itu menyadari kalau kesehatan rongga mulut ikut menjadi bagian terpenting

Liputan6.com, Manchester - Pelatih Manchester United (MU), Jose Mourinho terkenal selalu memperhatikan setiap detail performa tim di lapangan. Sampai-sampai, sang pelatih memeriksa kesehatan gigi agar performa pemain di lapangan tidak terganggu.

Meski terkesan sepele, pelatih asal Portugal itu menyadari kalau kesehatan rongga mulut ikut menjadi bagian terpenting agar kebugaran tetap optimal selama mengarungi satu musim kompetisi. Sebelum kompetisi musim 2016/17 berputar, para pemain MU akan menjalani pemeriksaan gigi dan gusi.

Menurut laporan media Inggris The Sun, semua pemain telah menjalani pemeriksaan gigi. Hasilnya, terdapat empat pemain MU yang bermasalah pada bagian gusi. 

Seorang sumber menyatakan,"Mourinho ingin tahu setiap detail tentang para pemain. Dia memanggil dokter gigi lokal untuk memeriksa gigi para pemain. Tapi sejauh ini masih batas wajar."

Pemain Manchester United

Penelitian sementara, kesehatan gigi dan gusi menjadi acuan terdepan tim pelatih melihat masalah kesehatan pemain secara menyeluruh. Kandungan gula tinggi pada makanan berbanding lurus dengan kesehatan pemain.

November 2015 lalu, komite medis FIFA meriliis laporan, tiga perempat pemain profesional, termasuk di Inggris memiliki penyakit gusi sedangkan 40 persen lain mengalami masalah gigi berlubang.

Para peneliti di Center for Oral Health (badan kesehatan gigi dan mulut) di Inggris mendesak pihak berwenang Liga Inggris untuk memeriksa rongga mulut para pemain sepak bola. Tujuannya, agar tim medis bisa lebih mudah mendeteksi masalah kesehatan pemain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho