Sukses

4 Bek Tangguh Incaran Manchester United

MU ingin menguatkan lini belakang mereka untuk menghadapi musim kompetisi 2016/17.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United terus bergerilya di bursa transfer. Skuat asuhan Jose Mourinho ini masih mencari pemain tambahan setelah mendapatkan tiga pemain di bursa kali ini.

Sebelumnya, MU telah resmi mendapatkan Eric Bailly, Zlatan Ibrahimovic, dan Henrikh Mkhitaryan. Tapi Mourinho sepertinya masih ingin menambah pemain terutama di sektor belakang.

Itu mengacu pada stok para pemain belakang MU yang dinilai belum mumpuni saat ini. Memang, ada Chris Smalling dan Daley Blind yang bermain apik sebagai dua bek tengah di musim lalu. Namun hal itu dinilai belum cukup.

Mourinho masih membutuhkan bek kelas dunia agar lini belakangnya tidak keropos. Ini penting mengingat MU mengusung misi untuk bangkit di musim kompetisi 2016/17.

Rumor pun merebak. Setan Merah dikaitkan dengan sejumlah bek yang kini bermain di liga-liga top Eropa.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut empat bek yang namanya dikaitkan dengan klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jose Fonte

1. Jose Fonte (Southampton)

Fonte mulai mencuri perhatian ketika tampil apik di lini belakang Southampton. Kontribusinya berhasil membawa The Saints finis di papan tengah klasemen Liga Inggris musim 2015/16.

Berkat itu pula, dirinya dipanggil masuk tim nasional Portugal untuk Piala Eropa 2016 lalu. Di level tim nasional, penampilannya ternyata tak mengecewakan.

Fonte mampu menggantikan Bruno Alves untuk berduet dengan bek Real Madrid, Pepe. Hasilnya seperti diketahui, Fonte adalah salah satu pilar penting keberhasilan Portugal menjuarai Piala Eropa 2016.

Kemampuan kapten Southampton dalam membaca dan memimpin lini belakang itulah yang dibutuhkan MU. Sejak hengkangnya Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand, lini belakang MU seolah kehilangan pemimpin. Peran itu masih kosong hingga kini.

Menurut situs transfermarkt, harga transfer Fonte hanya 4,5 juta pound sterling atau Rp77,98 miliar. Harga yang jelas terjangkau buat klub sekelas MU.

3 dari 5 halaman

Ezequiel Garay

2. Ezequiel Garay (Zenit St. Petersburg)

Nama bek Argentina ini sebetulnya sudah dikaitkan dengan MU dalam beberapa kesempatan. Tapi Garay yang kini bermain bagi Zenit Saint Petersburg tak juga bergabung ke Old Trafford.

Dibanding Fonte, pengalaman Garay bermain di level top Eropa lebih banyak. Dia tercatat pernah bermain di Real Madrid dan Benfica. Di level timnas, Garay sudah menghuni timnas Argentina sejak 2007.

Garay bergabung dengan Zenit di musim 2014/15. Pemain berusia 29 tahun ini turut membawa Zenit meraih gelar juara Liga Rusia, Piala Rusia, dan Piala Super Rusia.

Untuk memboyong Garay ke Old Trafford, MU minimal harus menyediakan dana 17 juta pound sterling atau Rp294 miliar. Harga itu bisa meningkat lantaran Garay sendiri saat ini masih terikat kontrak hingga 2019 dengan Zenit.

4 dari 5 halaman

Fabinho

3. Fabinho (AS Monaco)

Berbeda dengan Fonte dan Garay, Fabinho adalah seorang bek kanan. Bek yang kini bermain di AS Monaco ini punya beberapa nilai plus dibanding keduanya.

Salah satunya adalah usia Fabinho yang baru 22 tahun. MU tentu akan menikmati keuntungan jangka panjang jika Fabinho bergabung. Apalagi, jika performanya menjanjikan nanti.

Tapi membawa Fabinho ke Old Trafford bukan perkara mudah. Setan Merah harus bersaing dengan Barcelona yang juga berminat pada bek asal Brasil ini.

Barcelona sedang mencari pengganti Dani Alves yang hijrah ke Juventus. Semula, Blaugrana membidik bek Arsenal, Hector Bellerin. Namun pemain yang penrah menimba ilmu di akademi Barca, La Masia itu menolak pulang ke Barcelona.

5 dari 5 halaman

Leonardo Bonucci

4. Leonardo Bonucci (Juventus)

Leonardo Bonucci mungkin jadi nama yang paling diinginkan Mourinho untuk bergabung. Pasalnya, kualitas bek Juventus ini tidak perlu diragukan lagi.

Bersama  Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli, Bonucci membuat lini belakang Juve jadi salah satu yang paling kokoh di Italia. Dengan keduanya pula, Bonucci mengawal lini belakang timnas Italia di Piala Eropa 2016.

Seperti dilansir The Sun, MU saat ini mulai bergerak untuk memboyong Bonucci. Kabarnya, Setan Merah telah menyiapkan dana 60 juta pound sterling atau Rp1,03 triliun agar Juve mau melepas bek berusia 29 tahun itu.

Namun mahar yang besar tentu tak lantas membuat Juventus luluh. Apalagi, di sisi lain, Chelsea juga disebut berminat membajak bek kelahiran Viterbo tersebut.

The Blues kabarnya bersiap menggunakan koneksi Antonio Conte untuk membujuk Bonucci merapat ke Stamford Bridge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Leonardo Bonucci