Sukses

Yamaha Siap Kirim Rossi Demi Hattrick di Suzuka

Rossi sempat menjadi juara Suzuka 8 Hours 2001 bersama Colin Edwards.

Liputan6.com, Suzuka - Tak hanya MotoGP, ajang Suzuka 8 Hours juga mendapat perhatian serius dari Yamaha. Setelah menjuarai musim 2015 dan 2016, mereka mengincar gelar pada 2017. Agar terwujud, Yamaha siap mengirim Valentino Rossi.

Semua orang di Yamaha baru saja merayakan euforia sukacita. Itu karena mereka sukses mengamankan gelar juara Suzuka 8 Hours 2016 di Sirkuit Suzuka, Sabtu (30/7/2016). Sukses itu dicapai berkat kontribusi Alex Lowes, Pol Espargaro, dan Katsuyuki Nakasuga.

Pencapaian itu membuat Yamaha sukses mempertahankan gelar juara Suzuka 8 Hours 2015. Saat itu, tiga pembalap Yamaha yang mempersembahkan gelar juara adalah Nakasuga, Bradley Smith, dan Espargaro.

Kini, Yamaha sudah berpikir untuk kembali menjuarai Suzuka 8 Hours pada musim depan. Keseriusan tim Garpu Tala itu terbukti dengan wacana diturunkannya dewa balap MotoGP, Rossi. Hal itu diungkap Chief Operating Officer Yamaha Motor Europe, Eric de Seynes, seperti dikutip Motorsport.

"Tentu saja, kami akan senang dengan kehadiran Vale. Ini sudah dibahas sejak lama. Ini adalah proyek yang kami yakini bisa terealisasi. Mungkin tahun depan atau lain waktu. Kami tak tahu pastinya, tapi saya yakin hal itu akan terwujud," kata De Seynes.

Suzuka 8 Hours sendiri bukan ajang yang asing bagi The Doctor. Bahkan, Rossi sempat tampil sebagai juara Suzuka 8 Hours 2001. Kala itu, ia masih memperkuat Honda dan berkolaborasi dengan Colin Edwards.

Tahun depan adalah perhelatan ke-40 Suzuka 8 Hours. Kebetulan, Yamaha sudah dipastikan kehilangan Espargaro dan Smith untuk musim depan. Itu karena keduanya sama-sama akan membela KTM Factory Racing di MotoGP.

Berbeda dengan Lowes yang telah menyatakan siap kembali pada musim 2017. Tentu, Lowes membutuhkan sosok yang berpengalaman seperti Rossi agar kembali berjaya di musim depan. Sebelumnya, Rossi sendiri sempat menolak saat akan diturunkan Yamaha di Suzuka 8 Hours 2015 bersama Jorge Lorenzo.

Di sisi lain, Suzuka 8 Hours sendiri memang menjadi ajang yang sangat ditunggu pecinta dunia otomotif. Itu mengapa Suzuka 8 Hours tercatat dalam kalender FIM (Federasi Motor Internasional). Total, ada 70 tim, baik pabrikan maupun satelit, yang terlibat dalam balapan tersebut.

Semua tim mengikuti sesi kualifikasi agar masuk ke dalam 10 besar. Lalu, setiap tim yang dihuni dua sampai tiga pembalap akan beraksi selama delapan jam tanpa henti dan dimulai pada pukul 11:30 sampai 18:30 waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini