Sukses

Libur Musim Panas, Rio Haryanto Sibuk Cari Duit

Rio memiliki waktu hingga sebelum GP Belgia digulir.

Liputan6.com, Jakarta Jeda putaran pertama Formula 1 2016 tak akan bisa dinikmati pembalap Manor Racing, Rio Haryanto untuk berlibur. Pasalnya, pria asal Indonesia itu akan sibuk mencari uang untuk membayar utang kepada Manor.

Nasib Rio sebagai pembalap manor memang belum bisa dipastikan. Ancaman terdepak dari kokpit Manor tengah menyerang Rio. Itu karena Rio masih memiliki utang yang merupakan pembayaran syarat untuk menjadi pembalap utama Manor.

Awalnya, Rio dilaporkan akan didepak Manor seusai GP Hungaria 2016. Namun, Manor berbaik hati dengan memperpanjang napas Rio hingga mampu menyelesaikan balapan GP Jerman Hockenheimring, 31 Juli 2016. Kebetulan, itu adalah seri terakhir putaran pertama F1 2016 sebelum semua pembalap bisa menikmati libur musim panas.

Sayang, euforia liburan tak akan bisa dirasakan Rio. Maklum, ia masih memiliki pekerjaan untuk mencari bantuan dana dari sponsor. Kabarnya, Manor memberikan Rio waktu hingga jelang GP Belgia 2016 pada 28 Agustus 2016 untuk melunasi utangnya.

"Ini akan menjadi jeda musim panas yang sibuk bagi saya. Kami harus mencari bantuan finansial dari beberapa sponsor. Manajemen saya sedang bekerja keras. Kami akan melakukan pertemuan dalam beberapa pekan ke depan dan berharap ada berita bagus yang datang," kata Rio seperti dikutip Autosport.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Calon Pengganti

Situasi itu harus dihadapi Rio karena ia belum menyelesaikan kewajibannya terkait pembayaran kepada Manor. Ya, syarat utama Rio agar bisa menjadi pembalap Manor di musim ini adalah merogoh kocek 15 juta euro yang diberikan kepada Manor. Masalahnya, hingga saat ini pihak Rio baru bisa membayar 8 juta euro.

Jika tak mampu melunasinya hingga putaran pertama musim ini, Rio harus meninggalkan kursi MRT05 yang sudah ia tempati selama sejak Maret 2016. Tentu saja, kenyataan itu akan jadi berita menyedihkan bagi pendukung Rio dan masyarakat Indonesia.

Berbagai pihak memang sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan Rio. Mulai dari program SMS donasi, penjualan merchandise, hingga penggalangan dana. Faktanya, hingga kini Rio masih belum mendapatkan dana yang dibutuhkan.

"Saya kecewa karena masih ada keraguan soal masa depan saya. Saya percaya manajemen sedang bekerja keras untuk mengamankan kursi saya hingga akhir musim," Rio menjelaskan.

Menyikapi situasi ini, Manor sendiri sudah dikaitkan dengan beberapa sosok yang akan diplot untuk menggantikan Rio. Mulai dari Alexandre Rossi, Jordan King, Stoffel Vandoorne, hingga yang terbaru adalah Esteban Ocon, juara European Formula Championship 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.