Sukses

2 Faktor Ini Bisa Buat Mourinho Gagal di MU

Mourinho adalah pelatih yang selalu mengenyam kesuksesan di setiap klub yang dia tangani.

Liputan6.com, Jakarta Setelah mengalami masa buruk dalam karier sepak bolanya, Jose Mourinho akhirnya menemukan kembali pekerjaan. Pelatih asal Portugal ini, ditunjuk menjadi manajer anyar Manchester United.

MU resmi mengontrak Jose Mourinho selama tiga tahun sebagai manajer, dengan opsi untuk dipertahankan hingga 2020. Sosok The Special one menggantikan Louis van Gaal yang dipecat manajemen tim berjuluk "Setan Merah".

Sebelumnya, Mourinho dipecat karena performa Chelsea melorot drastis. Hingga pekan ke-17, The Blues masih tertahan di posisi ke-16 klasemen Liga Inggris.

Mourinho seperti meninggalkan rasa pahit di mulut fans Chelsea. Musim itu akan selalu dikenang mantan pelatih Real Madrid ini, karena pemain memberontak, manajer gelisah, dan berselisih dengan staf medis.

Tak lama setelah ditunjuk sebagai pelatih, Mourinho langsung mendatangkan 3 pemain bintang, Eric Bailly, Henrikh Mkhitaryan dan Zlatan Ibrahimovic. Dan, gelandang Juventus Paul Pogba adalah pemain keempat yang menjadi incarannya.  

Namun, keraguan dan pertanyaan akhirnya mulai merayap ke dalam pikiran fans United, bagaimana jika Mourinho tidak bisa benar-benar mewujudkan semua ambisinya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontroversial

Penunjukan Mourinho sebagai manajer anyar akan menjamin MU tiga hal; trofi, kontroversi, dan perpecahan. Memang tak terbantahkan, Mourinho adalah pelatih yang selalu mengenyam kesuksesan di setiap klub yang dia tangani.

Saat melatih Porto, Mourinho mengejutkan dunia sepak bola dengan memenangkan Liga Champions pada tahun 2004. Di Italia, dia membawa trofi Liga Champions ke San Siro untuk Inter.

Mungkin tugas yang paling kontroversial hingga saat ini, adalah ketika manajer asal Portugal ini menciptakan banyak musuh daripada aliansi di Madrid. Itu setelah gagal memberikan trofi berharga 'La Decima' kepada Presiden Madrid Florentino Perez.

Kemudian, saat menjalankan tugas di Chelsea, Mourinho betindak revolusioner dan mengubah wajah sepakbola Inggris.

3 dari 3 halaman

Gaya Bermain

Ketika MU masih ditangani Sir Alex Ferguson, model sepakbola menyerang dianut di Old Trafford. Tapi, kini mampukan filosofi Mourinho menegakkannya lagi?

Bukan hanya soal gaya bermain, pendekatan dan pemilihan pemain muda yang dilakukan Mourinho juga patut mendapat pengawasan. Dia memang sudah membantah bahwa dirinya akan menghambat karier pemain muda.

Namun, fans United tetap tidak bisa tenang soal masa depan Rashford dan Martial. Januzaj dan Blackett tampaknya sudah berada di jalan keluar. Siapa pemain berikutnya? Sepak bola adalah bisnis dan meski cadangan kas mereka tak tertandingi, pemilik MU sudah pasti memahami nilai reputasi dan mereka tidak mau mengalami kegagalan lagi.

Fans dan investor ingin sukses diraih dengan cara instan, dan Mourinho mungkin akan membawa kembali gelar juara ke Manchester, tapi mungkin pula akan menjadi manajer yang baru berhasil dalam waktu  jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea