Sukses

Timnas Wanita Amerika Incar Emas Kelima Olimpiade

Amerika Serikat menjadi favorit peraih medali emas Olimpiade 2016 di cabang olahraga sepak bola.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Amerika Serikat (AS) menjadi favorit peraih medali emas Olimpiade 2016 di cabang olahraga sepak bola wanita. Selangkah lagi timnas wanita AS akan menjadi negara pertama yang bisa memenangi Piala Dunia Wanita dan Olimpiade secara berturut-turut.

Pelatih Timnas Wanita AS, Jill Ellis, berharap timnya tak hanya menggenapkan dua titel dari turnamen yang berbeda. Ellis mengatakan, ingin mereka pulang sebagai peraih medali emas lima kali, prestasi yang belum dapat disamai negara lain di Olimpiade.

"Perjalanan jauh dilalui banyak tim. Ini akan jadi persaingan yang sangat sulit, dan sepak bola wanita tengah semakin bagus dan lebih bagus," tutur Ellis, seperti dilansir dari xinhuanet.com, pada Rabu (3/8/2016) malam.

Ellis telah bekerja sebagai staf pelatih skuat berjuluk The Yanks itu selama 28 tahun di berbagai level usia. Wanita 49 tahun tersebut melahirkan bintang seperti Pemain Wanita Terbaik FIFA 2015 Carli Lloyd hingga penjaga gawang Hope Solo, yang kini mengoleksi 198 caps bersama timnas.

Dia memetakan kekuatan sepak bola di Olimpiade masih berasal dari Jerman, Australia, Brasil, Prancis dan Amerika Serikat sendiri. Sejak cabor ini dipertandingkan untuk wanita dalam lima edisi, AS hanya kalah sekali di final melawan Norwegia pada Olimpiade Sydney 2000.

Dari empat negara pesaing terberat AS di atas, Ellis tak melupakan rekor Swedia. Pasalnya, Swedia telah membuat rekor tak terkalahkan menghadapi Amerika Serikat sejak 2013.

Untungnya, Becky Sauerbrunn dan kawan-kawan tak bertemu Swedia di fase grup karena AS berada di Grup G bersama Selandia Baru, Prancis, dan Kolombia.

Berikut jadwal pertandingan timnas wanita AS di Olimpiade Rio 2016.

3 Agustus 2016 Amerika Serikat vs Selandia Baru di Stadion Mineirão, Belo Horizonte

6 Agustus 2016 Amerika Serikat vs Prancis di Stadion Mineirão, Belo Horizonte

9 Agustus 2016 Amerika Serikat vs Kolombia di Stadion Arena da Amazônia, Manaus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.