Sukses

Menanti Kiprah Alfredo Vera Bersama Persipura

Persipura Jayapura tidak perlu waktu lama menunjuk pengganti Jafri Sastra

Liputan6.com, Jayapura - Persipura Jayapura tidak perlu waktu lama menunjuk pengganti Jafri Sastra setelah meninggalkan kursi pelatih di ajang Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Persipura menunjuk pelatih Amerika Latin, Angel Alfredo Vera.

Keputusan Persipura memutus kerja sama dengan Jafri menyusul rapor merah tim.Dari 13 laga memimpin Mutiara Hitam, dia hanya berhasil mengantarkan lima kemenangan, empat hasil imbang dan empat kekalahan. Puncaknya, ketika Persipura tumbang 0-2 dari Persib Bandung di Stadion Mandala, Jayapura.

Lantas bagaimana dengan sepak terjang Alfedo? Nama pelatih Alfredo Vera sudah tidak asing lagi di Liga Indonesia. Dia memulai karier di Indonesia dari klub PSS Sleman. Pada kompetisi Divisi Utama pada 2008 silam. Namun, tidak banyak prestasi Alfredo bersama Elang Jawa.

Dia kemudian banting setir menjadi pelatih. Tugas pertama Alfredo bersama Persela Lamongan menjadi asisten. Dia mendampingi pelatih kepala, Subangkit 2010. Pada 2013 lalu, Alfredo 'naik pangkat'. Dia menempati posisi pelatih kepala Persela. Namun prestasinya lagi-belum mencolok. Pada ISL 2013 lalu, Alfredo hanya sanggup membawa Choirul Huda cs mengakhiri musim di posisi ke-12.

Jafri Sastra

Semusim kemudian, pelatih berusia 43 tahun tersebut ditunjuk untuk menangani Persegres Gresik United. Tepatnya pada 22 April 2014 lalu. Tapi, karier pelatih Alfredo terbilang singkat. November 2014, Alfredo dipecat oleh manajemen Persela dan digantikan oleh Liestiadi.

Setelah dipecat, Alfredo kembali menekuni kursus kepelatihan. Bahkan, dia sukses mendapatkan lisensi kepelatihan A dari AFC. Sebelum merepat ke Persipura, Alfredo menangani tim U-21 Pusamania Borneo FC. Namun, pelatih Argentina ini bergabung bersama Persipura Jayapura untuk mengarungi laga sisa TSC 2016.

Persipura Jayapura

Alfredo menjadi pelatih Latin ke-4 Persipura sejak musim 2006. Jacksen F Tiago masih menjadi pelatih tersukses di Persipura dengan tiga gelar ISL musim 2008-09 , 2010-11, 2012-13 selama rentang 2008-2014. Sebelum Jacksen, terdapat nama Toni Netto asal Brasil. Oswaldo Lessa--pelatih Brasil lainnya--tercatat pernah menangani Persipura.

Menangai Persipura, tugas berat menanti sang aristek. Dia harus membuat Persipura stabil di papan atas Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Alfredo bakal menjalani laga debut kontra Bhayangkara Surabaya United. Sempat terperosok di papan bawah, Surabaya United kini merangsek ke papan atas, menempati peringkat tiga. (Penulis: Indra Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini