Sukses

Bhayangkara SU Vs Persipura: Menanti Kebangkitan Mutiara Hitam

Persipura tak stabil musim ini. Mereka juga telah berpisah dengan Pelatih Jafri Sastra.

Liputan6.com, Sidoarjo - Sang raksasa yang sedang tertidur, Persipura Jayapura, akan memulai kembali kiprahnya di pekan ke-14 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo dengan gairah baru. Mutiara Hitam akan dipimpin oleh pelatih anyar, Angel Alfredo Vera ketika menghadapi Bhayangkara Surabaya United di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (5/8/2016) sore WIB.

Seperti diketahui, Persipura tak lagi dilatih oleh Jafri Sastra sejak Selasa (2/8/2016). Jafri dan Persipura resmi bercerai karena pelatih asal Payakumbuh itu dianggap gagal mengangkat performa Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Di tangan Jafri, Persipura hanya mampu berada di peringkat ketujuh dengan 19 poin. Mereka tertinggal 11 poin dari Madura United yang kukuh di pucuk dengan 30 poin. Kondisi ini yang menjadi dasar jajaran manajemen Persipura mendepak Jafri dari kursi kepelatihan.

USai memutuskan kerja sama dengan Jafri, Persipura langsung bergerak cepat mencari juru racik taktik yang baru. Hasilnya, di hari yang sama, Mutiara Hitam mengumumkan Alfredo Vera resmi menjabat sebagai pelatih kepala Persipura yang baru.

Mantan pelatih Gresik United dan Pusamania Borneo FC U-21 ini dihadapkan pada tugas berat untuk mengangkat performa Persipura di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo. Vera akan menjalani jalan terjal membangunkan raksasa yang tertidur di Persipura.

Pasalnya, dari segi materi pemain, Persipura bisa dibilang berada di atas rata-rata klub Indonesia. Apalagi, mereka juga memiliki prestasi yang apik dengan raihan tiga trofi Indonesia Super League. Namun, itu semua tidak terlihat jika berkaca pada performa Persipura di TSC 2016.

Menyadari ini, Vera langsung bergerak cepat mempersiapkan tim jelang bentrok kontra Bhayangkara SU. Sejak ditunjuk sebagai pelatih Persipura per Selasa lalu, Vera langsung memimpin latihan tim di lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya.

Keputusan ini diyakini demi bisa beradaptasi dengan cepat dan mengenal karakter tiap pemain. Apalagi, kondisi mental Persipura sedang tidak baik setelah hanya meraih satu kemenangan dari lima laga terakhir.

Sayangnya, di saat sedang berada dalam masa transisi pasca-pergantian pelatih, Persipura harus menghadapi lawan yang sedang on-fire, Bhayangkara SU. Skuat asuhan Ibnu Grahan ini tercatat sukses menyapu bersih lima kemenangan dari lima laga terakhir.

Kondisi mental para pemain The Alligator sedang berada di kondisi terbaik setelah tidak terkalahkan dalam tiga laga kandang. Teranyar, mereka sukses menang 2-1 atas Persija Jakarta di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Lini pertahanan Persipura tentu bakal mendapatkan ujian berat ketika harus membendung penyerang-penyerang Bhayangkara SU seperti Rudi Widodo (5 gol), Thiago Furtuoso (4 gol), dan Evan Dimas Darmono (4 gol). Adapun lini serang juga akan mendapatkan tes sesungguhnya untuk mendobrak pertahanan Bhayangkara SU yang dikomandoi oleh Otavio Dutra.

Lantas mampukah Vera meraih kemenangan perdana atas Bhayangkara SU sekaligus membangunkan kembali raksasa dalam diri Persipura? Atau justru Bhayangkara SU bisa meraih kemenangan keenam secara beruntun? Menarik untuk disaksikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Prediksi Susunan Pemain

Bhayangkara Surabaya United (4-3-1-2): Wahyu Tri Nugroho; Fatchu Rochman, Otavio Dutra, I Putu Gede, Muhammad Hargianto, Evan Dimas, Zulfiandi, Indra Kahfi, Fandi Eko Utomo, Rudi Widodo, Thiago Furtuoso.

Persipura Jayapura (4-3-3): Ferdiansyah; Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Bio Paulin, Muhammad Tahir; Izaac Wanggai, Jaelani Arey, Nelson Alom; Boaz Solossa, Yohanes Ferinando Pahabol; Boakay Eddy Foday

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.