Sukses

Pembukaan Olimpiade Rio: Panitia Bekali Atlet Bibit Pohon

Para atlet yang ikut pembukaan dibekali dengan sebuah bibit pohon

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Ada yang berbeda dari pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Selain bendera negara peserta, di barisan depan ada sebuah bibit pohon yang dibawa anak kecil pendamping kontingen negara peserta.

Bibit itu jadi simbol keinginan panitia Olimpiade Rio untuk mewujudkan hutan atlet.

"Untuk pertama kalinya, atlet yang mengikuti parade akan diberikan pekerjaan ekstra. Mereka akan diberikan bibit dan sebuah pot untuk menanam pohon," demikian informasi yang dilansir di situs resmi olimpiade 2016.

Rencananya, bibit-bibit tersebut akan ditanam di area Deodoro. Area itu akan dijadikan hutan atlet. "Ini akan jadi warisan Olimpiade Rio 2016," demikian informasi tersebut.

Pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 digelar di stadion legendaris, Stadion Maracana, di Kota Rio de Janeiro, Sabtu (6/8/2016) pagi waktu Indonesia. Sekitar 10000 atlet dari 205 negara peserta turut hadir dalam upacara pembukaan ini, termasuk kontingen dari Indonesia.

Dalam upacara pembukaan ini, Indonesia diperkenalkan setelah India. Atlet lompat jauh kebanggaan Merah Putih, Maria Natalia Londa, membawa bendera dengan pakaian adat Bali.

Peraih medali emas Asian Games 2014 Incheon itu didampingi Chef de Mission Raja Sapta Oktohari. Sementara atlet lainnya, mengenakan jas putih bercorak garuda merah dan batik Parang. Selain Maria, seluruh rombongan mengibarkan bendera Merah-Putih berukuran kecil.

Indonesia sendiri mengirimkan 28 atlet di Olimpiade kali ini. Para atlet itu akan berkompetisi di tujuh cabang olahraga. Ketujuh cabang olahraga itu adalah panahan, dayung, angkat besi, bulutangkis, renang, sepeda, dan atletik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini