Sukses

ICC 2016: Liverpool Sikat Barcelona di Wembley

Liverpool hajar Barcelona 4 gol tanpa balas di International Champions Cup.

Liputan6.com, London - Liverpool sukses mempermalukan Barcelona di laga International Champions Cup (ICC) 2016 yang berlangsung di Wembley, Sabtu (6/8/2016). Liverpool bungkam Barcelona 4-0.

Gol Liverpool dicetak oleh Sadio Mane, gol bunuh diri Javier Mascherano, Divoc Origi dan M Grujic. Ini menjadi kekalahan besar pertama bagi Barcelona di pramusim atau ICC.

Sebelumnya, Barcelona sukses membungkam Glasgow Celtic 3-1 dan Leicester City 4-2. Ini menjadi evaluasi besar bagi Luis Enrique di musim ketiganya bersama Barcelona.


Jalannya Pertandingan

Pertandingan ICC kali berlangsung spesial karena berlangsung di stadion megah Wembley. Liverpool pun langsung menurunkan skuat terbaik termasuk dua punggawa baru, Wijnaldum dan Sadio Mane.

Sedangkan Barcelona masih memasukkan beberapa pemain pelapis seperti Juan Camara dan juga Munir, meski Lionel Messi juga tampil. Permainan Liverpool menggila di babak pertama. Serangan frontal diarahkan ke gawang Barcelona.

Alhasil, Liverpool unggul 1-0 saat Mane mencetak gol di menit ke-15. Gol berawal dari kesalahan umpan Mascherano yang diserobot Adam Lallana. Clyne memberi umpan kepada Lallana di kotak penalti yang langsung memberikan umpan kembali kepada Mane yang langsung menyambar bola.

Lionel Messi tampak lesu dan berikan ban kapten kepada Andres Iniesta di Liverpool vs Barcelona (reuters)

Barcelona sendiri seperti kehilangan arah di babak pertama. Di menit ke-22, Barcelona mendapatkan peluang emas tapi tembakan Messi masih mengenai tiang.

Di menit ke-35, Messi terobos pertahanan Liverpool dan berikan umpan tarik kepada Suarez. Sayang, umpan tersebut masih bisa dipotong Lovren.

Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak 2

Di babak kedua, kedua tim sama-sama mengganti pemain. Liverpool masukkan Divock Origi, Henderson dan K Stewart.

Perubahan yang dilakukan Liverpool ini membuahkan hasil yang cepat. Di menit ke-47, Liverpool membuat keunggulan bertambah menjadi 2-0 lewat gol bunuh diri Mascherano.

Berawal umpan satu dua Origi dan Mane yang lalu diteruskan kepada Hendersson. Tembakannya mengenai Mascherano yang menembus ke gawang Barcelona.

Sergio Busquets dihadang pemain Liverpool (reuters)

Belum sempat bernapas panjang, Barcelona kembali kebobolan di menit ke-48. Kali ini, pemain pengganti K Stewart memberikan umpan panjang manfaatkan celah di lini pertahanan Barcelona.

Umpan ini disambut Origin dengan baik dan membuat skor berubah menjadi 3-0. Barcelona sendiri seperti mati angin. Di menit ke-73, Munir gagal manfaatkan bola muntah meski ada di depan gawang.

Lalu di menit ke-89, umpan tarik pemain muda Barcelona, Alfaro tak ada yang menyambut. Sebaliknya, malah Liverpool menambah keunggulan lewat gol M Grujic usai dia memanfaatkan umpan Markovic di menit ke-90.

Skor 4-0 untuk Liverpool bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Mignolet; Clyne, Lovren, Klavan, Milner/Moreno (42); Lallana/Henderson (46), Can/K Stewart (46), Wijnaldum/M Grujic (73); Mane/Markovic (72), Firmino/Ings (73), Coutinho/Origi (46)

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen/Bravo (46); Aleix Vidal/Sergi Roberto (46), Mascherano/Pique (60), Mathieu, J Camara/L Digne (60); Turan/Rakitic (61), Busquets/Iniesta (61), Denis/J Samper (76); Messi/Alfaro (76), Suarez/Munica (75), Munir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini