Sukses

Rekor Dunia Kembali Tercipta di Olimpiade Rio

Hosszu memecahkan rekor dunia sebelumnya yang dibuat perenang Tiongkok.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Pemecahan rekor kembali tercipta di cabang olah raga renang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Kali ini rekor dunia baru diciptakan perenang Hungaria, Katinka Hosszu.

Atlet yang dijuluki "wanita besi" ini, mencetak rekor dunia baru setelah memenangi medali emas 400 m gaya ganti putri, Sabtu malam waktu setempat (7/8/2016). Ini adalah medali emas pertama setelah Hosszu tampil pada empat Olimpiade.

Dalam lomba ini, perenang Maya Di Rado dari Amerika Serikat merebut medali perak. Sedangkan, Mireia Belmonte Garcia dari Spanyol mendapatkan perunggu.

Hosszu, juara dunia nomor ini, masuk kolam renang dengan status favorit juara setelah mencetak waktu tercepat kedua pada babak heat Sabtu sore.

Hosszu mencetak waktu 4:26.36 detik sekaligus memecahkan rekor dunia sebelumnya 4:28.43 yang dibuat perenang Tiongkok Ye Shiwen pada Olimpiade 2012 di London.

Sebelumnya, rekor di renang olimpiade Rio 2016 pecah pada saat kualifikasi renang gaya dada 100 meter. Rekor itu dipecahkan oleh perenang asal Inggris Raya, Adam Peaty

Dia sebenarnya memecahkan rekor atas namanya sendiri dengan catatan waktu 57,55 detik di kualifikasi renang Olimpiade yang berlangsung di Olympic Aquatics Stadium. Sebelumnya, dia catatkan waktu 57,92 pada 17 April 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini