Sukses

Michael Phelps Tambah Koleksi Emas di Olimpiade

Ia naik podium juara di nomor 4x100 meter gaya bebas estafet putra.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Perenang Amerika Serikat Michael Phelps baru saja membuka keran medali di Olimpiade 2016. Phelps yang telah mengumpulkan 22 medali di sepanjang kariernya membantu tim AS naik podium juara di nomor 4x100 meter gaya bebas estafet putra.

AS selalu menjadi juara umum di kelas ini sejak dipertandingkan pada Olimpiade 1964. Sebagai perenang kedua dalam estafet, Phelps meneruskan rekannya, Caeleb Dressel, yang ketinggalan 0,02 detik di belakang tim Prancis. Dengan stroke kuat, Phelps membuat AS berbalik memimpin.

"Ini gila, saya tengah berdiri di blok sementara Caeleb masuk dan saya benar-benar berpikir hati saya akan meledak dari dada," kata Phelps, seperti dilansir Reuters, pada Senin (8/8/2016) siang.

Inilah emas ke-19 atau medali ke-23 secara keseluruhan yang telah dikoleksi Phielps selama mengikuti empat edisi Olimpiade. Atlet 31 tahun tersebut berpeluang menambah medali karena masih akan turun di nomor 200 m gaya kupu-kupu, 200 m gaya ganti perseorangan, dan 100 m gaya kupu-kupu putra.

Dua rekan Phelps, Ryan Held dan Caeleb Dressel, yang baru merasakan gelar juara pertama kalinya, begitu emosional hingga tak bisa menahan tangis. Phelps tersenyum dan memeluk mereka, sampai dia melihat tunangan dan bayi mereka di tribun penonton.

"Anak-anak muda ini mulai menangis dan saya pun menangis. Mereka membuat kami menangis," kata Phelps.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini