Sukses

Sisi Unik Eko Yuli Jelang Perjuangan di Olimpiade Rio

Eko akan tampil di cabang angkat besi kelas 62 kilogram putra nanti malam.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan memiliki cara khas untuk mengenal panggung tempat pertandingan cabang angkat besi Olimpiade ke-31 di Paviliun 2 Kompleks Olahraga Riocentro, Rio de Janeiro, Brasil.

Caranya, ia datang pada saat pertandingan resmi rekannya di kelas lain. Kemudian di tengah hiruk pikuk stadion usai pengalungan medali pemenang dan saat para juara diwawancarai wartawan, diam-diam dia naik ke panggung pertandingan itu.

Seperti di pertandingan kelas 48 kilogram putri yang dimenangi rekannya Sri Wahyuni, Sabtu (6/8/2016) lalu. Eko memanfaatkan waktu singkat untuk naik panggung. Ia memanfaatkan situasi saat arena di bawah panggung sedang ramai oleh para delegasi yang merayakan kemenangan atletnya dan juga banyak wartawan yang mewawancarai para juara.

Namun, ia tidak mungkin berlama-lama di panggung karena petugas bakal mengusirnya. "Sudah dapat titik-titiknya," kata Eko.

Yang dimaksud Eko adalah titik-titik di panggung yang akan dia pijak saat pertandingan resmi. "Setidaknya saya tahu bagaimana situasinya nanti, apa yang akan saya lihat nanti saat bertanding, dan seperti apa sorotan lampu-lampu di panggung," kata dia.

Mengenal panggung dengan cara seperti itu akan lebih dekat dengan situasi sebenarnya, ketimbang mencobanya pada saat latihan atau prapertandingan, mengingat sorot lampu atau pun situasi penonton yang berbeda.

Eko akan tampil di kelas 62 kilogram putra nanti malam. Ia jadi andalan utama Indonesia setelah sebelumnya sukses meraih medali perunggu di Olimpiade 2008 dan 2012. (Ant)
Atlet angkat besi Indonesia Eko Yuli Irawan memeragakan angkatan saat menghadiri peluncuran kerjasama antara produsen daging sapi Australia, Elders dengan PB PABBSI di Kedutaan Besar Australia,Jakarta, Selasa (3/5/2016). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini