Sukses

Para Arjuna Indonesia Siap Kembali Beraksi di Olimpiade 2016

Hingga kini, Indonesia belum pernah meraih medali dari cabang panahan perorangan di Olimpiade.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Peluang Indonesia dari cabang panahan beregu putra Olimpiade 2016 Rio de Janeiro sudah tertutup rapat-rapat. Kini, tiga pemanah putra Indonesia: Riau Ega Agatha, Hendra Purnama, dan Muhammad Hanif Wijay: siap memulai perjuangan di cabang panahan perorangan, Senin (8/8/2016) malam WIB.

Indonesia gagal menuai hasil positif pada panahan beregu putra di Olimpiade 2016. Kegagalan mereka ditandai lewat kekalahan dari tim Amerika Serikat pada perempat final di Sambodromo, Rio de Janeiro, Minggu (7/8/2016) dinihari WIB.

Padahal, penampilan Ega, Hendra, dan Hanif  sempat mengundang decak kagum saat menempati peringkat ke-10 kualifikasi. Sayang, setelah menyingkirkan Taiwan, mereka malah bertemu tim AS.

Meski tersingkir, catatan yang diukir tim panahan beregu putra Indonesia sudah cukup membanggakan. Mereka sukses menembus perempat final meski baru melakoni debutnya di ajang Olimpiade.

"Tim putra memang luar biasa. Selama ini, belum pernah ada tim putra yang lolos ke Olimpiade. Menurut saya, prestasi ini sudah bagus karena kami bisa masuk ke perempat final, hanya saja kami harus mengakui AS," kata Deni Trisjanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adangan Berat

Meski begitu, perjuangan Riau, Hendra, dan Wijaya di Rio de Janeiro belum berakhir. Itu karena mereka akan kembali beraksi pada nomor perorangan.

Namun, hadangan berat juga harus mereka lewati di babak 64 besar. Riau akan berhadapan dengan wakil Tiongkok, Xing Yu. Ia adalah anggota tim panahan beregu yang membawa Tiongkok finis di urutan keenam di bawah Korea Selatan, AS, Australia, Italia, dan Prancis.

Begitu pula dengan Hanif yang akan menghadapi Mauro Nespoli. Ia adalah pemanah yang membantu Italia meraih medali emas panahan beregu Olimpiade 2012 London. Pada nomor perorangan putra lain, Hendra akan melawan wakil Ukraina, Viktor Ruban.

Dari bagan yang sudah ditetapkan pada cabang panahan perorangan putra, ada kesempatan bagi dua pemanah Indonesia bertemu di perdelapan final. Itu juga Riau dan Hanif mampu melewati hadangan di 64 besar dan 32 besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini