Sukses

Pecahkan Rekor, Ini Rincian Transfer Pogba

Sebelum Pogba, Raiola juga sudah terlibat dalam kepindahan Mkhitaryan dan Ibra.

Liputan6.com, Manchester - Kepindahan Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United memecahkan rekor transfer dunia. Itu karena nilai transfer Pogba mencapai 105 juta euro. Namun, Juve tak sepenuhnya menerima uang tersebut.

Merapatnya Pogba ke Old Trafford menjadi bahan perbincangan di berbagai kalangan sepak bola dunia. Maklum, mahar yang dikeluarkan MU untuk merekrut Pogba terbilang fantastis, yakni mencapai 105 juta euro.

Angka itu membuat Pogba resmi menjadi pemain termahal di dunia. Ia menggeser Gareth Bale yang sempat mengguncang bursa transfer kala hijrah dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid. Tak heran jika keputusan MU memboyong Pogba dengan biaya sebesar itu mendapat kritik tajam.

Dan, pihak yang paling diuntungkan dari transfer Pogba adalah Mino Raiola yang notabene agennya. Sebelum kesepakatan itu tercapai, Raiola sudah dikabarkan meraup keuntungan besar dari transfer Pogba. Juve pun mengaku tak sepenuhnya biaya yang dibayarkan MU.

Menurut La Gazzetta dello Sport, dari mahar 105 juta euro yang dibayarkan MU, I Bianconeri hanya mengambil 72,6 juta euro. Itu karena Juve harus membayar kepada berbagai pihak yang tercantum dalam kontrak Pogba. Raiola yang dilaporkan menerima keuntungan besar.

Konon, agen berusia 48 tahun itu menerima bayaran hingga 25 juta euro. Lalu, Juve juga harus membayar 5% dari nilai transfer kepada mantan klub Pogba, termasuk Le Havre, Torcy, dan Roissy-en-Brie. Tak heran jika negosiasi antara Juve dan MU mengenai Pogba sempat berlangsung alot.

Untuk Raiola, ia tak hanya menerima upah dari transfer Pogba saja. Sebelumnya, ia juga sudah meraup keuntungan dari kepindahan Henrikh Mkhitaryan dan Zlatan Ibrahimovic ke MU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

Video Terkini