Sukses

Dukungan SMS Tak Cukup Bantu Rio Haryanto di F1

Pemerintah beralasan persiapan finansial untuk mendukung Rio Haryanto perlu diperbaiki.

Liputan6.com, Jakarta - Kekurangan dana menjadi penyebab utama Rio Haryanto tak bisa melanjutkan sisa seri balapan Formula Satu (F1) pada musim 2016 ini. Hingga seri ke-12 di GP Jerman akhir Juli lalu, Rio masih menunggak hingga 7 juta euro kepada tim Manor Racing.

Berbagai upaya telah dilakukan manajemen Rio dan pemerintah. Mulai dari kegiatan penggalangan dana dari internal kementerian hingga dukungan dalam program donasi dengan menggunakan jalur SMS (pesan singkat).

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto, mengatakan dana yang terkumpul tidak dapat menutupi kekurangan yang dibutuhkan Rio untuk mengamankan kursinya di F1. Hal ini dikatakannya dalam jumpa pers pada Kamis (11/8/2016) siang.

"Dari kegiatan fund rising internal dari Kemenpora, hampir terkumpul Rp 300 juta dan langsung kami kirimkan ke rekening Rio," tutur Gatot.

Sedangkan donasi berupa SMS yang melibatkan lima lima operator seluler di Indonesia juga menuai hasil yang kurang maksimal. Lima perusahaan yaitu Telkomsel, Indosat, Smartfreen, XL Axiata, dan Tri menggunakan jalur SMS 7788 dengan biaya sekali SMS sebesar Rp 5.000.

"Menurut informasi dari asosiasi perusahaan seluler, juga terkumpul hampir Rp 300 juta dan tak perlu dilaporkan kepada kami karena sudah langsung masuk ke rekening Rio. Tidak ada dana yang mengendap di kami," ucap Gatot.

Pertamina sempat berniat menambal kekurangan dana sebesar Rp 500.000 euro untuk mempertahankan Rio hingga akhir musim. Namun ternyata Manor sudah mengambil keputusan lain dengan memperkenalkan Esteban Ocon sebagai pengganti sang pembalap mulai seri balapan ke-13 di GP Belgia.

Rio Haryanto tidak lagi jadi pembalap utama Manor dan mulai saat ini hanya berstatus sebagai pembalap cadangan. Dia baru bisa mengaspal saat salah satu diantara Pascal Wehrlein atau Ocon berhalangan turun balapan.

"Kami harus mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah menyumbang berapapun untuk Rio," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.