Sukses

5 Fakta Pogba: Sempat Dilarang Main di Timnas

Liputan6.com, Manchester - Gelandang baru Manchester United, Paul Pogba masih jadi buah bibir di awal musim 2016/17. Maklum, banyak pihak menanti kiprah pemain yang kini berstatus sebagai pemain termahal dunia tersebut.

Pecinta sepak bola menantikan, apakah Pogba bisa memikul beban berat sebagai pemain termahal dunia? Atau dirinya justru gagal memenuhi ekspektasi publik khususnya fans Manchester United.

Proses transfer Pogba ke Old Trafford memang mengundang pro kontra. Ada beberapa pihak menilai transfer Pogba terlalu mahal dan gila. Namun tidak sedikit juga yang menganggap harga itu wajar jika merujuk pada kualitas Pogba.

Tentu perlu waktu untuk membuktikan hal tersebut. Namun sebelum bukti itu muncul, berikut lima fakta menarik tentang si pemain termahal dunia, Paul Pogba:

1 dari 6 halaman

Panggilan Si Gurita

1. Panggilan Si Gurita

Saat bermain di Juventus, Pogba mendapat julukan Il Polpo Paul. Kata Il Polpo sendiri berarti gurita. Julukan ini diberikan lantaran Pogba memiliki kaki yang panjang mirip gurita.

Dengan kaki panjangnya tersebut, Pogba bisa memeragakan teknik kelas mumpuni. Dirinya tak hanya mahir mengalirkan operan-operan matang. Pogba juga sesekali mampu memeragakan gocekan kelas dunia.

Selain itu, tungkainya yang panjang membuat dia juga efektif dalam bertahan. Tak aneh, Pogba mampu melakukan tekel efektif memanfaatkan jangkauan kakinya yang cukup panjang.

2 dari 6 halaman

Pemain Terbaik Piala Dunia U20

2. Pemain Terbaik U20

Pada 2013, Pogba sempat digadang-gadang sebagai pemain terbaik yang masih berusia di bawa 21 tahun. Predikat itu melekat usai Pogba menyabet bola emas Piala Dunia U20 tahun 2013.

Saat itu, Pogba adalah kapten tim nasional Prancis U20 di Piala Dunia tersebut. Di bawah kepemimpinan Pogba, Prancis memenangkan Piala Dunia U20 tahun 2013 yang berlangsung di Turki.

Namanya bersinar meski masih berusia muda. Kehebatan Pogba terasah saat bermain untuk Juventus dan bermain dengan pemain sekelas Andrea Pirlo atau Marchisio.

3 dari 6 halaman

Pernah Dilarang Main di Timnas

3. Pernah Dilarang Main di Timnas

Di balik karier gemilangnya, Pogba pernah mengalami hal tidak mengenakkan. Pemain bernama lengkap Paul Labile Pogba itu pernah dilarang membela timnas Prancis pada 2009.

Federasi sepak bola Prancis (FFF) melarang Pogba bermain selama enam bulan. Sanksi itu diberikan karena FFF menilai Pogba telah melanggar kesepakatan kontrak dengan klub Le Havre saat memutuskan pindah ke Manchester United.

"Pogba dan orangtuanya menolak kesepakatan yang telah dijalin karena MU menawarkan uang yang sangat banyak. Penolakan itu bertujuan untuk meraup uang dari transfer anaknya," tulis pernyataan Le Havre soal keputusan Pogba bergabung ke Manchester United.

4 dari 6 halaman

Nomor 75

4. Nomor 75

Pada saat membela Juventus, Pogba pernah menuliskan nomor 75 di samping nomor punggung 10 yang dia kenakan. Nomor 75 itu disematkan saat Juventus menghadapi Atlanta di musim lalu.

Ukuran tulisan yang kecil membuat nomor 75 itu sempat disangka tulisan +5 oleh publik. Pogba pun disangka meniru legenda Internazionale Milan, Ivan Zamorano yang terkenal dengan nomor 1+8 tersebut.

Namun belakangan baru diketahui, nomor 75 ditulis sebagai tribut bagi Pele yang sedang berulang tahun ke-75.

5 dari 6 halaman

Punya Saudara Kembar

5. Punya Saudara Kembar

Pogba ternyata punya dua saudara kembar yang bernama Florentin dan Matias. Kedua saudaranya itu lebih tua tiga tahun dari Pogba.

Sama seperti Pogba, keduanya juga pemain sepak bola profesional. Hanya saja, kariernya memang tak mengilap seperti Pogba. Florentin bermain bagi klub Prancis, Saint Etienne dan Mathias bagi klub Skotlandia, Patrick Thistle.

Pogba sendiri menjulang namanya sejak gabung dengan Juventus. Sempat disia-siakan MU, bakat Pogba ternyata melesat setelah dipoles Juventus.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United
  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Pacar Ezra Walian dan Timnas Indonesia U-19
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Alasan Essien Betah di Persib