Sukses

Prediksi Persipura Vs Mitra Kukar: Laga Pembuktian Jafri Sastra

Jafri sempat menjadi juru racik taktik Mutiara Hitam sebelum akhirnya pindah ke Mitra Kukar.

Liputan6.com, Jayapura - Mitra Kukar akan bertandang ke kandang Persipura Jayapura di Stadion Mandala pada pekan ke-15 Torabika Soccer Championship 2016 Presented by IM3 Ooredoo, Minggu (14/8/2016). Pertandingan ini akan menjadi laga penuh emosional pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra yang sempat merasakan pahit dipecat Persipura.

Ya, Jafri sempat menjadi juru racik taktik Mutiara Hitam dalam beberapa laga di Torabika Soccer Championship 2016 Presented by IM3 Ooredoo. Bersama Jafri, Persipura mengalami pasang surut performa.

Saat itu, Persipura yang merupakan tim kandidat juara justru berada di peringkat ketujuh dengan 19 poin. Hal ini tidak terlepas dari inkonsistensi performa Boaz Solossa dan kawan-kawan dalam beberapa laga.

Pada tiga laga awal di Torabika Soccer Championship (TSC) presented by IM3 Ooredoo, Boaz Solossa cs hanya mengenyam dua poin, hasil dua kali imbang dan satu kekalahan. Bahkan, hasil ini merupakan yang terburuk sejak era Indonesia Super League (ISL).

Namun performa Persipura sempat membaik setelah menjalani lima laga selanjutnya tanpa terkalahkan. Mereka meraih empat kemenangan dan hanya sekali seri. Alhasil, Persipura saat itu berhasil dibawa Jafri menembus tiga besar di papan klasemen.

Sayangnya, tren positif itu gagal diteruskan ketika bertandang ke Stadion Jakabaring, markas Sriwijaya FC. Bermain di pulau Sumatera, Persipura harus menyerah 0-1 dari Laskar Wong Kito.

Kegagalan meraih poin penuh dari Sriwijaya ini menjadi awal merosotonya performa Persipura. Pada empat laga selanjutnya, Persipura hanya mampu mengoleksi empat poin hasil dari satu kali menang, satu seri dan tiga kekalahan.

Catatan minus ini langsung berpengaruh pada posisi Persipura di tangga klasemen yang melorot ke peringkat ketujuh. Itu juga sekaligus mengakhiri sepak terjang Jafri di Persipura.

Kenyataan pahit ini jelas akan membekas dibenak Jafri. Oleh sebab itu, pelatih asal Payakumbuh ini akan menuntaskannya dengan membawa Mitra Kukar meraih kemenangan atas Persipura di kandangnya sendiri.

Sayangnya, langkah Jafri untuk membuktikan diri dipastikan bakal sulit. Sebab, beberapa pemain pilar Naga Mekes seperti Marlon Da Silva De Moura, Bayu Pradana, Abdul Gamal dan Alan Leandro dipastikan absen.

Dua nama pertama absen karena akumulasi kartu kuning. Sedangkan Abdul Gamal sedang menjalani hukuman larangan tampil dua laga karena dihukum Komisi Disiplin akibat memrotes wasit secara berlebihan. Nama terakhir absen karena pulang ke negara asalnya untuk mengurus paspor yang sudah kadaluarsa.

Meski begitu, Mitra Kukar tetap mendapatkan angin segar setelah beberapa pemainnya seperti Arthur Cunha Da Rocha, Michael Orah, Syahrizal, dan Dian Irawan pulih dari cedera.

"Kita akan maksimalkan pemain yang ada. Di Mitra Kukar tidak ada istilah pemain pelapis, semua sama saja. Dan telah siap tempur," kata Jafri seperti dikutip laman resmi Mitra Kukar.

Sementara itu di sisi lain, kubu tuan rumah sedang berada dalam kepercayaan diri menyusul kemenangan 2-1 atas Bhayangkara Surabaya United di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Rasa optimistis Persipura meraih poin atas Mitra Kukar juga sedang meninggi setelah kapten Boaz Solossa kembali mencetak gol.

Boaz mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-90. Sedangkan gol lain diciptakan Marinus Mariyanto pada menit ke-52. Adapun gol balasan Bhayangkara SU dihasilkan oleh Thiago Furtuoso.

Tambahan tiga poin ini membuat Persipura saat ini berada di peringkat keenam dengan koleksi 22 poin dari 14 laga.

Prediksi Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman, Yustinus Pae, Rony Beroperay, Ricardo Salampessy, Muhammad Tahir, Bio Paulin,  Ian Louis Kabes, Marinus Mariyanto, Ferinando Pahabol, Boakay Eddy Foday, Boaz Solossa

Mitra Kukar (4-4-2): Gerri Mandagi; Saepuloh Maulana, Arthur Cunha, Michael Orah, Zikri Akbar, Muhammad Bahtiar, Asri Akbar, Rodrigo Dos Santos, Septian David Maulana, Hendra Bayauw, Dinan Javier.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini