Sukses

Persipura Vs Mitra Kukar: Duel Bintang Boaz Kontra Arthur

Keduanya akan banyak terlibat duel di atas lapangan.

Liputan6.com, Jayapura - Persipura Jayapura akan melawan Mitra Kukar pada pekan ke-15 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredo, di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (14/8/2016). Pertandingan ini juga akan menjadi panggung duel seru antara Boaz Solossa melawan Arthur Cunha da Roca.

Performa Boaz di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredo bisa dibilang masih angin-anginan. Sebab, meski saat ini menjadi top skorer sementara Mutiara Hitam dengan torehan empat gol, Boaz masih kesulitan mencari konsistensi dalam mencetak gol.

Hal tersebut dibuktikan ketika Bochi, sapaan akrab Boaz sempat puasa mencetak gol dalam enam laga beruntun. Adik kandung dari Ortizan Solossa ini baru kembali mencetak gol ketika Persipura menang 2-1 atas Bhayangkara Surabaya United di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Kesulitan Boaz untuk mencetak gol bisa dimaklumi. Sebab, kehilangan gelandang-gelandang utama seperti Immanuel Wanggai dan Robertino Pugliara sebelum TSC 2016 bergulir berimbas pada suplai bola kepada Boaz. Tampak gelandang pengganti seperti Muhammad Tahir dan Nelson Alom kesulitan untuk mengemban tugas sebagai pelayan Boaz di lini depan. Hal tersebut dibuktikan dari statistik Boaz yang hanya memiliki akurasi tembakan sebesar 41 persen.

Meski begitu, Boaz tak melulu diandalkan untuk mencetak gol. Kualitasnya dalam mengirimkan umpan juga menjadi andalan bagi Persipura. Sejauh ini, pemain yang pernah memperkuat Pusamania Borneo FC itu telah mengemas dua assist bagi Persipura. Kepiawaian Boaz ini dibuktikan dari statistik keberhasilan mengirimkan umpan mencapai 71 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sisi Kepemimpinan Boaz

Namun dari semua faktor, sisi kepemimpinan Boaz menjadi yang paling penting. Kehadiran Boaz di lapangan selalu bisa meningkatkan kepercayaan diri pemain lain terutama para pemain muda.

Menariknya, kualitas Boaz akan mendapatkan ujian berat ketika bertemu dengan palang pintu Mitra Kukar, Arthur Cunha. Pemain asal Brasil ini sangat kokoh saat menjaga area pertahanan Naga Mekes.

Tubuh tinggi menjulang selalu dimanfaatkan Arthur untuk memenangi duel di udara. Namun, kemampuannya dalam bola bawah yang bakal menyulitkan Boaz pada laga nanti.

Arthur tercatat memiliki keberhasilan tekel mencapai 64 persen. Itu berarti, sebagian besar tekel yang dilepaskan olehnya sukses menghentikan serangan lawan.

Tak hanya kemampuannya dalam bertahan, Persipura juga harus mewaspadai insting mencetak gol Arthur. Dalam kesempatan sepakan pojok, Arthur akan selalu maju hingga ke kotak penalti lawan untuk mencetak gol. Kebiasaannya ini telah terbukti ketika dia mencetak gol ke gawang Madura United di laga yang berakhir dengan kekalahan untuk Mitra Kukar 2-3 di Stadion Gelora Bangkalan.

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini