Sukses

Langkah Mulus Owi / Butet ke Final Ganda Campuran Olimpiade

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus menyingkirkan sesama atlet Pelatnas, Praveen Jordan/Debby Susanto.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melangkah ke partai final Olimpiade. Selama babak penyisihan grup hingga final, ganda campuran peringkat 3 dunia ini menang dengan dua set langsung.

Zhang Nan/Zhao Yun Lei menjadi lawan terberat Tontowi/Liliyana di partai semifinal. Mengawali babak penyisihan grup, Tontowi/Liliyana sukses menumbangkan pasangan Australia, Robin Middleton/Leanne Choo. Owi/Butet menang dengan skor telak 21-7, 21-8.

Kemudian di partai kedua, Owi/Butet menang atas pasangan Thailand, Bodin Issara/Savitree Amitrapai dua set langsung, 21-11 dan 21-13. Kemudian, di pertandingan terakhir babak penyisihan, Tontowi/Liliyana berhasil mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan skor 21-15, 21-11.

Pada babak knock-out, Tontowi/Liliyana harus saling sikut dengan juniornya sesama atlet Pelatnas, Praveen Jordan/Debby Susanto di perempat final. Tontowi/Liliyana berhasil menang dua set langsung 21-16, 21-11.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Lawan berat menanti Tontowi/Liliyana di semifinal. Ganda campuran peringkat 3 dunia ini harus menghadapi rangking 1 dunia asal Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Namun, tanpa disangka, Tontowi/Liliyana berhasil menang mudah dua set langsung 21-16, 21-15, Selasa, (16/8/2016).

Di partai final, Tontowi/Liliyana bakal menghadapi ganda Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Sebelumnya, di babak penyisihan, mereka telah mengalahkan Chan/Goh yang menempati urutan 17 dunia.

Chan/Goh melangkah ke partai pamungkas ganda campuran setelah menang atas finalis Olimpiade 2012 London dari Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin dengan skor 21-12, 21-19. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.