Sukses

Pesepak Bola Jepang Ini Ingin Perkuat Timnas Indonesia

Pria 27 tahun itu berharap bisa segera dinaturalisasi.

Liputan6.com, Balikpapan- Gelandang asing Persiba Balikpapan, Matsunaga Shohei, ingin menjadi warga negara Indonesia (WNI). Pemain berkebangsaan Jepang ini berharap punya kesempatan mengenakan seragam Merah Putih kebanggaan tim nasional Indonesia.

“Saya ingin naturalisasi menjadi warga negara Indonesia agar bisa masuk timnas,” kata pemain andalan tim Beruang Madu ini, Selasa (16/8/2016).

Matsunaga mengaku sudah merasa betah tinggal dalam iklim dan budaya di Indonesia. Selama ini, dia juga sangat menikmati kompetisi sepak bola Tanah Air di beberapa tim Indonesia, di antaranya Persib Bandung, Persegres Gresik, dan terakhir ini Persiba.  

Pemain berusia 27 tahun ini yakin mampu menyumbangkan kemampuannya demi kemajuan dan prestasi timnas Indonesia. Kemampuan individu dan staminanya terbukti menjadi pilihan utama di setiap klub klub yang menaunginya.

Namun demikian, Matsunaga mengakui bukan perkara mudah menjadi pemain naturalisasi timnas Indonesia. Hingga kini, dia masih kesulitan mengurus peralihan kewarganegaraan dari Jepang ke Indonesia.

“Tapi saya tidak tahu harus bagaimana, saya bingung caranya, seperti apa bisa naturalisasi,” paparnya.

Matsunaga sudah berkonsultasi dengan beberapa pemain naturalisasi PSSI di antaranya Bio Paulin dan Greg Nwokolo. Mereka menyebutkan hanya PSSI yang bisa mempermudah proses naturalisasi pemain asing.

“Kalau mungkin PSSI yang minta naturalisasi akan mempermudah,” ujar pemain yang sudah beristrikan wanita Jepang.

Sehubungan itu, Matsunaga berharap PSSI mau mendengarkan keinginannya tersebut untuk mengenakan seragam timnas Indonesia. Dia juga meminta Presiden Joko Widodo mampu mewujudkan keinginannya beralih kewarganegaraan Indonesia.  

“Menjadi bagian dari Indonesia. Saya sudah lama bermain di Indonesia sudah sangat paham,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.