Sukses

Menpora: Semoga Tontowi / Liliyana Beri Kado Emas untuk HUT RI

Owi / Butet sudah masuk final bulu tangkis Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mampu mengembalikan tradisi emas bagi Indonesia. Keduanya sudah masuk final bulu tangkis Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Pasangan ganda campuran yang akrab dipanggil Owi/Butet ini merupakan satu-satunya wakil kontingen Indonesia yang mampu menembus babak final dari cabang bulu tangkis. Hal tersebut terjadi karena wakil yang lain kandas di babak sebelumnya.

"Alhamdulillah, kabar baik dari Rio Janeiro, Tontowi/Liliyana maju ke final. Mari kita doakan agar pasangan ganda campuran ini bisa menggapai hasil terbaik di final dan mempersembahkan emas bagi Indonesia," kata Menpora.

Owi/Butet melaju ke babak final Olimpiade 2016 melalui perjalanan yang ketat. Apalagi sebelum tembus partai puncak, mereka harus berhadapan dengan pasangan unggulan pertama asal Tiongkok yang juga sang juara bertahan, yaitu Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan dua gim langsung 21-16 dan 21-15.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kalahkan Rekan Senegara

Sebelum mengalahkan andalan Tiongkok itu, pasangan ganda campuran terbaik Indonesia mampu mengalahkan juniornya di pelatnas Cipayung, Praveen Jordan/Debby Susanto. Kemenangan ini menjadi modal untuk mengalahkan pasangan nomor satu dunia.

Di partai puncak, pasangan Owi/Butet akan menghadapi pasangan asal negera tetangga, yaitu Malaysia. Adalah pasangan Chan Peng Soo/Goh Liu Ying yang di semifinal mengalahkan pasangan asal Tiongkok lainnya, yaitu Xu Chen/Ma Jin dengan skor 21-12 dan 21-19.

"Kami semua optimistis dengan kemampuan mereka. Semoga di final, Tontowi/Liliyana tampil tenang dan lepas dan menemukan permainan terbaik sehingga bisa mengatasi pasangan Malaysia. Mudah-mudahan kado emas bisa dipersembahkan Tontowi/Liliyana bagi Indonesia yang akan merayakan HUT ke-71 RI," Menpora mengakhiri.
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Humas PP PBSI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.