Sukses

Kalah dari Tontowi / Liliyana, Medali Emas Malaysia Masih Nol

Malaysia belum pernah membawa pulang medali emas dari ajang Olimpiade.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Harapan Malaysia untuk meraih emas perdana sepanjang keikutsertaan mereka di Olimpiade kembali tertutup. Itu setelah ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, menyerah di tangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Awalnya, Peng Soon/Liu Ying adalah harapan besar bagi olahraga Malaysia untuk meraih medali emas di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Pasangan ini di luar dugaan melaju ke final ganda campuran bulu tangkis. Padahal, mereka tak menyandang status sebagai unggulan karena hanya menempati peringkat 11 dunia.

Ini adalah kali pertama bagi ganda campuran Malaysia bisa melaju hingga final. Bahkan, sebelumnya tak ada pasangan ganda campuran Malaysia yang bisa meraih medali di ajang Olimpiade. Namun mimpi meraih medali emas Olimpiade pertama bagi Malaysia harus pupus.

Ironisnya, harapan terbesar Malaysia kali ini tak kuasa menghadapi kehebatan Tontowi/Liliyana dalam final yang dihelat di Riocentro, Rio de Janeiro, Rabu (18/8/2016). Tak tanggung-tanggung, mereka kalah dua set langsung, 14-21 dan 12-21.

"Saya merasa ini tetap luar biasa bagi negara kami. Karena belum ada ganda campuran Malaysia yang memenangkan medali di Olimpiade. Jadi, kami telah mencetak sejarah," kata Liu Ying seperti dikutip dari News18.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Sang Ayah

Tak hanya Liu Ying, sang ayah, Goh Chak Wee, juga mengaku bangga dengan perjuangan putrinya. Ia juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung para atlet Malaysia meski belum bisa meraih medali emas di Olimpiade.

"Bagaimanapun, saya sangat gembira karena mereka berhasil menciptakan sejarah bagi Malaysia. Saya bangga dengan pencapaian anak saya dan saya yakin rakyat Malaysia juga seperti itu," tutur Chak Wee seperti dilansir dari Utusan Online.

Di Olimpiade 2016, Negeri Jiran itu sudah mengoleksi dua perak yang juga dari lompat indah dan satu perunggu dari balap sepeda. Sementara ini, Malaysia berada di urutan ke-56 peraih medali Olimpiade 2016. Sementara itu, tambahan satu emas membawa Indonesia ke posisi ke-39.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini