Sukses

Sikat Argentina, Tim Basket Amerika Melaju ke Semifinal

Kevin Durant tampil gemilang pada laga ini dengan mencetak 27 poin.

Liputan6.com, Rio de Janeiro- Amerika Serikat melaju ke semifinal cabang olahraga bola basket putra Olimpiade 2016. Penampilan apik Kevin Durant membantu Amerika mencukur Argentina 105-78 di babak perempat final, Kamis (18/8/2016) dini hari WIB.

Meski dalam laga ini Amerika unggul telak, namun pasukan Mike Krzyzewski sempat keteteran di kuarter pertama. Dimotori point guard Facundo Campazzo, Argentina mampu unggul 19-9 saat kuarter pertama tersisa empat menit.

Namun Amerika kemudian mampu meredam Argentina sehingga berbalik unggul 25-21 di akhir kuarter pertama. Amerika makin menjauh dan berhasil memimpin 16 angka saat jeda berkat sumbangsih 18 angka dari Durant.

Amerika terus mempertajam margin keunggulan di kuarter tiga. Bahkan meski menyimpan beberapa pemain pilar di kuarter empat, Amerika bisa memperlebar keunggulan dari Argentina.

Durant total menyumbang 27 poin, tujuh rebound dan enam assists. Paul George menyusul dengan raihan 17 poin. Di kubu Argentina Luis Scola meraih double-double dengan 15 angka dan 10 rebound.

Di babak semifinal, Amerika sudah ditunggu oleh Spanyol pada hari Jumat (19/8/2016). Spanyol lolos usai menyingkirkan Prancis. Pertemuan Amerika dengan Spanyol bakal menjadi ulangan final dua Olimpiade terakhir. Amerika selalu mampu mengalahkan Spanyol di dua partai final tersebut.

Bagi Argentina, kekalahan dari Amerika sekaligus mengakhiri generasi emas mereka. Scola, Manu Ginobili, Carlos Delfino, dan Andres Nocioni pensiun usai Olimpiade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.