Sukses

Jelang Brasil Vs Jerman: Tim Samba Mainkan Strategi Berbeda

Brasil U23 akan bertemu Jerman U23 di partai perebutan medali emas Olimpiade Rio 2016.

Liputan6.com, Jakarta Brasil U23 akan bertemu Jerman U23 di partai perebutan medali emas cabang sepak bola Olimpiade Rio 2016 di Stadion Maracana, Minggu (21/8/2016) dinihari WIB. Pelatih Brasil, Rogerio Micale mengaku bakal menyiapkan strategi berbeda untuk menghadapi laga itu.

"Mungkin saya ingin mengubah gaya permainan, tapi kami juga ingin mendapatkan kemampuan terbaik kami. Kami tahu, di dunia sepak bola tendensinya adalah untuk organisasi dan menekan lawan, dan itulah yang dibutuhkan," kata Micale di FourFourTwo.

Micale mengungkapkan, Brasil memiliki kemampuan untuk mengganti strategi yang bagus. Hal itu lantaran ditunjang banyak pemain Brasil yang mampu mengubah permainan lewat kemampuannya.

"Itulah mengapa, banyak tim Eropa datang ke Amerika Selatan untuk merekrut pemain kami," kata Micale.

Brasil sendiri berpeluang mengukir sejarah di parta ini. Jika menang, ini adalah kali pertama Brasil meraih medali emas di cabang sepak bola pada Olimpiade.

Selecao lolos ke final setelah melibas Honduras 6-0 di partai semifinal. Itu adalah kemenangan terbesar Neymar dan kawan-kawan di Olimpiade 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aroma Balas Dendam

Di sisi lain, banyak orang melabeli partai ini sebagai ajang balas dendam Brasil atas Jerman. Seperti diketahui, Brasil pernah kalah telak 1-7 dari Jerman pada Semifinal Piala Dunia 2014.

Tapi pelatih Brasil U23, Rogerio Micale membantah hal itu. "Itu Piala Dunia. Ini Olimpiade," kata Micale.

"Saya yakin pertandingan melawan Jerman akan jadi hal menarik. Tapi ini tidak ada kaitannya dengan masa lalu," ujar Micale menambahkan.

Semifinal Piala Dunia 2014 memang jadi salah satu hal paling kelam dalam sejarah sepak bola Brasil. Brasil yang bertindak sebagai tuan rumah kalah telak 1-7 dari Jerman di Belo Horizonte.

Tujuh gol Jerman masing-masing dicetak Thomas Muller, Miroslav Klose, Toni Kroos, Sami Khedira dan dua gol dari Andre Schurrle. Sementara gol hiburan Brasil dicetak Oscar.

3 dari 3 halaman

Kekalahan Terbesar

Itu adalah kekalahan terbesar yang diderita Brasil sepanjang sejarah sepak bola mereka.

Micale mengungkapkan, dirinya tidak memungkiri suporter Brasil menginginkan timnya untuk membalas kekalahan atas Jerman. Apalagi, kemenangan akan membuat Brasil meraih medali emas di cabang sepak bola pada Olimpiade untuk pertama kalinya.

Namun demikian, dia menegaskan sekali lagi, tidak ada aroma balas dendam dalam laga ini.

"Suporter akan memainkan peran mereka dan kami akan butuh mereka karena Jerman tim yang sangat kuat. Suporter menginginkan apa yang mereka mau, tapi tidak ada kaitan antara pertandingan ini dengan pertandingan di semifinal," kata pelatih berusia 47 tahun tersebut.

"Ini adalah tim yang diisi pemain beda, dengan umur yang juga beda," ujar Micale mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini