Sukses

5 Bidadari Cantik Siap 'Panaskan' Final Voli Putri Olimpiade 2016

Tiongkok akan berhadapan dengan Serbia yang sebelumnya tak pernah lolos ke final.

Liputan6.com, Rio de Janeiro- Final cabang olahraga bola voli putri Olimpiade 2016 akan mempertemukan Tiongkok dengan Serbia, 20 Agustus 2016 nanti. Kedua tim sama-sama berhasil membuat kejutan di Rio de Janeiro dengan menyingkirkan finalis empat tahun lalu.

Tiongkok mengubur ambisi tuan rumah Brasil mempertahankan medali emas bola voli putri. Tiongkok menang 3-2 atas Brasil di babak perempat final. Tiongkok melanjutkan kegemilangannya dengan mengalahkan Belanda 3-1 di babak semifinal.

Calon lawan Tiongkok, Serbia melaju ke final setelah mengandaskan perlawanan Amerika Serikat 3-2 (20–25, 25–17, 25–21, 16–25, 15–13).

Bagi Serbia ini merupakan kali pertama mereka melaju ke final Olimpiade bola voli putri. Prestasi terbaik Serbia sebelumnya adalah peringkat lima pada tahun 2008.

Sedangkan Tiongkok sudah tiga kali melaju ke final voli putri Olimpiade. Mereka dua kali merebut medali emas di tahun 1984 dan 2004.

Final bola voli putri ini juga akan dimeriahkan bidadari-bidadari cantik. Baik Tiongkok maupun Serbia memiliki pevoli cantik. Berikut 5 pevoli cantik yang akan berlaga di final:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tijana Malesevic

1. Tijana Malesevic

Tijana Malesevic merupakan andalan Serbia di Olimpiade 2016. Wanita 25 tahun itu pernah membawa Serbia menjuarai Kejuaraan Eropa Bola Voli tahun 2011 lalu.

Kehebatan Tijana membuatnya dikontrak klub Brasil Volei Nestle Osasco. Tijana pun sudah tidak asing dengan situasi di Brasil, tempat berlangsungnya Olimpiade 2016. Tijana berposisi sebagai spiker. Dia memiliki tinggi 185 cm.

3 dari 6 halaman

2. Jovana Brakocevic

2. Jovana Brakocevic

Jovana menjadi salah satu pemain senior di timnas Serbia yang berlaga di Olimpiade 2016. Wanita 28 tahun ini punya segudang pengalaman bersama timnas Serbia.

Pemilik tinggi 196 cm ini terpilih sebagai Pemain Terbaik di Kejuaraan Eropa Bola Voli 2011. Ketika itu Serbia keluar sebagai juara. Empat tahun sebelumnya Jovana dinobatkan sebagai Best Server.

4 dari 6 halaman

3. Hui Ruoqi

3. Hui Ruoqi

Salah satu bintang bola voli wanita Tiongkok adalah Hui Ruoqi. Wanita 25 tahun itu pernah menjadi kapten Tiongkok. Namun kariernya sempat meredup akibat harus menjalani operasi jantung.

Hui harus absen delapan bulan usai operasi jantung September 2015 di Beijing. Masalah jantung ini juga membuatnya hampir gagal berlaga di Rio de Janeiro.

Sebelum diganggu sakit jantung, Hui menjadi motor Tiongkok saat merebut medali emas Kejuaraan Voli Asia 2015. Dia juga ikut mempersembahkan medali perak di Kejuaraan Dunia Voli 2014.

5 dari 6 halaman

4. Jovana Stevanovic

4. Jovana Stevanovic

Satu lagi pevoli cantik yang membela Serbia di Olimpiade 2014 adalah Jovana Stevanovic. Wanita 24 tahun ini memiliki tinggi 192 cm.

Jovana bermain untuk klub Italia Volleyball Casalmaggiore. Tahun 2015 lalu, Jovana berjaya bersama timnas Serbia. Jovana membantu Serbia meraih perak Piala Dunia Voli dan perunggu Kejuaraan Eropa.

6 dari 6 halaman

5. Zhu Ting

5. Zhu Ting

Tiongkok beruntung memiliki Zhu Ting. Tak hanya memiliki wajah cantik, Zhu juga berperan besar pada sukses Tiongkok melaju ke final. Dia menjadi bintang kemenangan Tiongkok atas Belanda.

Di laga semifinal tersebut, Zhu mencetak 33 poin, 31 spikes dan dua blok. Zhu bergabung dengan Kim Yeon-Koung yang juga mampu mencetak angka di atas 30 dalam satu laga di Rio de Janeiro.

Zhu baru berusia 21 tahun. Kehebatan Zhu membuat klub asal Turki Vakıfbank Istanbul mengontraknya sejak tahun 2016 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.