Sukses

Kalahkan Lin Dan, Chong Wei Targetkan Medali Emas

Lee Chong Wei akan bertemu Chen Long di partai final cabang bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Rio 2016.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Lee Chong Wei langsung memasang target meraih medali emas usai mengalahkan tunggal Tiongkok Lin Dan di semifinal bulu tangkis nomor tunggal putra di Olimpiade Rio 2016. Pemain asal Malaysia itu bertekad merengkuh medali sebagai kado terindah sebelum pensiun.

"Ini adalah Olimpiade terakhir saya dan saya tidak pernah meraih medali emas. Jadi, ini tinggal selangkah lagi. Saya pikir medali bagus sebelum saya pensiun," kata Chong Wei seperti dilansir BBC.

Chong Wei harus menjalani pertandingan dramatis dengan Lin Dan. Chong Wei lebih dulu kalah 15-21 di set pertama. Namun pemain berusia 33 tahun ini balas mengalahkan Lin Dan di set kedua dengan 21-11.

Puncak dramatisnya pertandingan ini terjadi di set ketiga. Chong Wei mengemas 21 poin sementara Lin Dan 20 poin. Chong Wei akhirnya keluar sebagai pemenang setelah berhasil merebut 1 poin terakhir.

"Saya pikir hasil terbaik di pertandingan ini adalah penonton kami bisa menikmati pertandingan yang sangat bagus. Saya pikir itu adalah salah satu poin yang terbaik," ujar Lin Dan.

Malaysia pada bulu tangkis Olimpiade Rio 2016 sudah memetik satu medali perak. Medali itu dipersembahkan pasangan Chan Peng Soon/Liu Ying Goh di nomor ganda campuran. Mereka dikalahkan pasangan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dua set langsung.

Di final tunggal putra, Lee Chong Wei sudah ditunggu tunggal putra Tiongkok lainnya, Chen Long. Chen Long mellaju ke partai final usai menumbangkan pebulu tangkis Denmark, Viktor Axelsen dengan skor 21-14, 21-15 dalam pertandingan di Riocentro, Pavilon 4, Jumat (19/8/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini