Sukses

Rayakan 20 Tahun Kemenangan, Rossi Makin Terpacu

Kemenangan pertama Rossi dalam karier profesionalnya didapat di Sirkuit Brno pada 1996.

Liputan6.com, Brno - Valentino Rossi semakin termotivasi jelang MotoGP Republik Ceko 2016. Pasalnya, tepat 20 tahun lalu, Valentino Rossi merayakan kemenangan pertamanya dalam balapan yang digelar Sirkuit Brno, Republik Ceko.

Sudah 20 tahun Rossi beraksi sebagai pembalap profesional di kelas Grand Prix (sekarang MotoGP). Balapan pertamanya dilakukan di Australia, Sirkuit Shah Alam, 31 Maret 1996. Namun, saat itu Rossi yang beraksi di kelas 125cc bersama Aprilia hanya finis di urutan keenam.

Hanya butuh sembilan balapan kemudian bagi Rossi untuk meraih podium perdananya, yakni saat finis di urutan ketiga seri Austria. Lalu, Rossi mengecap kemenangan perdananya saat merebut podium pertama di Rep Ceko.

Kemenangan itu ternyata meningkatkan motivasi Rossi untuk musim selanjutnya. Buktinya, ia langsung merebut gelar juara dunia kelas 125cc musim 1997. Kini, sudah 20 tahun berlalu dan Rossi masih beraksi di lintasan jelang MotoGP Rep Ceko, Minggu (21/8/2016).

"Saya berusaha untuk konsentrasi dua tahun demi dua tahun maksimal. Jika dulu mereka berkata kepada saya ketika berusia 18 tahun bahwa saya akan masih di sini setelah 20 tahun, saya katakan itu tidak mungkin. Ketika saya berusia 18 tahun, saya melihat orang berusia 37 tahun dan berpikir bahwa mereka adalah kakek saya," kata Rossi seperti dikutip Crash.

Motivasi terbesar saya adalah mencoba untuk meningkatkan performa dan berusaha untuk menjadi kuat. Karena, tahun lalu saya tak kuat di Brno. Itu memalukan karena ini adalah trek yang saya sukai."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Ancaman Lorenzo

Rossi sendiri sudah cukup lama tak mencicipi kemenangan di Sirkuit Brno. Tercatat, kemenangan terakhir Rossi di sana didapat pada musim 2009. Musim 2015, ia gagal meraih podium juara karena kalah cepat dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo, dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Saat itu Rossi terpaut 10,397 detik dari Lorenzo. "Musim lalu, saya begitu termotivasi untuk meraih podium. Tetapi, saya tak pernah begitu dekat dengan Lorenzo. Jadi, saya mencoba untuk menjadi kompetitif sepertinya. Namun, target utama kami adalah meraih podium setelah apa yang terjadi di Austria," tutur Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini