Sukses

Trauma Kecelakaan 2014, Marquez Bicara Keamanan Sirkuit Brno

Marquez mengaku faktor keberuntungan juga ikut membantunya.

Liputan6.com, Brno - Sirkuit Brno tampaknya kurang sedikit bersahabat dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Ia kembali nyaris terjatuh saat melahap latihan bebas kedua MotoGP Republik Ceko pada Jumat (19/8/2016). Untung, Marquez bisa kembali menunggangi motornya.

Brno adalah sirkuit yang menarik untuk para pembalap. Panjang lintasan tersebut adalah 5,403 km dan terdapat 15 tikungan (9 kanan, 6 kiri). Pemegang rekor lap tercepat di sana adalah Ingo Gersti dengan waktu 1 menit 39,089 detik.

Di beberapa tahun terakhir, lintasan yang digunakan untuk Grand Prix sejak 1965 ini menjadi milik pembalap Spanyol. Buktinya, lima dari enam tahun terakhir podium juara Sirkuit Brno selalu ditempati pembalap Spanyol, termasuk Marquez pada musim 2013.

Meski begitu, Brno tetap menjadi sirkuit yang sulit ditaklukkan The Baby Alien. Buktinya, ia sempat mengalami momen di mana dirinya nyaris terjatuh. Hal itu sempat terjadi kepadanya pada balapan MotoGP Rep Ceko dua tahun lalu. Lucunya, insiden tersebut kembali terjadi saat Marquez menjalani latihan bebas kedua MotoGP Rep Ceko 2016, Jumat (19/8/2016).

"Penyelamatan pada 2014 jauh lebih hebat, tapi kali ini lebih panjang. Saya menikung 67,5 derajat, pada 2014 saya menikung hingga 68,3 derajat. Ketika saya kehilangan ban depan, momen yang Anda pikirkan adalah ini sebuah kecelakaan. Itu karena saya kehilangan begitu cepat. Lalu Anda melihat akan bisa bertahan. Namun, Anda merasakan bahwa sikut semakin hangat," kata Marquez seperti dilansir Crash.

"Saya selalu mengatakan Anda harus beruntung untuk selamat dari hal tersebut. Tapi, ini terjadi berulang-ulang. Ada sesuatu di sana. Apa yang harus saya lakukan, saya tidak tahu. Namun, saya berharap tak mengulangi hal itu saat balapan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidik Podium

 

@marcmarquez93, everyone! // #CzechGP

A video posted by MotoGP (@motogp) on



Di sisi lain, Marquez sukses mencatatkan hasil bagus pada latihan bebas kedua. Ia menempati posisi teratas setelah menorehkan waktu 1 menit 55,840 detik, unggul 0,104 detik atas Andrea Iannone, pembalap Ducati. Sebelumnya, Marquez hanya duduk di urutan keenam pada latihan bebas pertama.

Sukses itu bisa dijadikan Marquez sebagai modal untuk kembali merebut podium pada MotoGP Rep Ceko. Apalagi, Marquez gagal mendapatkan podium pada MotoGP Austria ketika ia hanya finis di posisi kelima.

"Saya akan berjuang untuk memacu motor. Namun, kita harus meningkatkan segala hal, terutama pada penggunaan ban. Kedua pembalap Yamaha memiliki kecepatan yang bagus. Begitu juga dengan (Andrea) Iannone dan (Maverick) Vinales," kata Marquez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini