Sukses

Tekuk Honduras, Nigeria Rebut Perunggu Olimpiade 2016

Pemain Nigeria milik AS Roma, Sadiq Umar menjadi bintang kemenangan Nigeria di pertandingan ini.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Nigeria merebut medali perunggu cabang olah raga sepak bola di Olimpiade 2016. Pada perebutan tempat ketiga, mereka menumbangkan Honduras dengan skor 3-2 dalam pertandingan di Belo Horizente, Sabtu, (20/8/2016) atau Minggu dinihari WIB

Sadiq Umar menjadi bintang kemenangan Nigeria. Pemain milik AS Roma ini mencetak dua gol masing-masing pada menit  34 dan 56. Satu gol tambahan Nigeria lainnya diciptakan Aminu Umar. Sedangkan, dua  gol Honduras dicetak Anthony Lozano dan Marcelo Pereira. Pencapaian terbaik Elang Super, julukan Nigeria, di Olimpiade merebut medali emas pada Olimpiade Atlanta 1996.

Sinyal kemenangan Nigeria sudah terlihat pada menit 34, ketika Sadiq Umar mengoyak jala Honduras. Memimpin dengan skor 1-0 membuat tim yang identik dengan warna hijau ini semakin percaya diri menghadapi babak kedua. Hasilnya, mereka mampu menambah gol lagi melalui Ainu Umar di menit 49. 

Keunggulan dua gol membuat Nigeria asuhan pelatih Samson Siasia ini semakin di atas angin. Mereka dengan leluasa menggempur barisan pertahanan Honduras. Sadiq Umar mencetak gol kedua untuk membawa Nigeria memimpin tiga gol tanpa balas.

Sadiq Umar

Memasuki menit akhir, Honduras mampu bangkit. Bahkan, tim Amerika Tengah ini mampu mengejar ketinggalan dua gol.  Pemain pengganti, Anthony Lozano menjebol gawang Nigeria, Emmanuel Daniel pada menit 70.

Gol tersebut ternyata membakar semangat para pemain Honduras untuk menambah gol. Hasilnya, mereka memperkecil kedudukan menjadi 2-3 berkat gol dari pemain bertahan, Pereira. Beruntung buat Nigeria, Honduras tidak mampu menambah gol sampai bubar.

Terlepas dari kegagalan merebut medali perunggu, Honduras tampil menjanjikan selama Olimpiade 2016. Pada Olimpiade empat tahun lalu di London, Honduras mencapai babak perempat final. Menarik jauh ke belakang, Honduras hanya sampai babak penyisihan grup di Olimpiade 2008 di Beijing.

Susunan Pemain

Honduras: Luis Lopez, Jonathan Paz, Marcelo Pereira, Kevin Álvarez, Allans Vargas, Brayan Garcia, Bryan Acosta, Oscar Salas, Romell Quioto, Allan Banegas, Alberth Elis

Nigeria: Emmanuel Daniel, Muenfuh Sincere, Shehu Abdullah, William Troost-Ekong, Stanley Amuzie, John Obi Mikel, Azubuike Okechukwu, Usman Mohammed, Aminu Umar, Imoh Ezekiel, Umar Sadiq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini