Sukses

Ganda Putra Tiongkok Bantu Chen Long Rebut Emas Olimpiade

Sukses Zhang Nan/Fu Haifeng merebut emas di nomor ganda putra membakar motivasi Chen Long ketika menghadapi Lee Chong Wei.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Pebulutangkis Tiongkok, Chen Long mengubur mimpi Lee Chong Wei meraih medali emas Olimpiade 2016. Chen Long mengalahkan Lee Chong Wei di final bulu tangkis tunggal putra, Olimpiade 2016 dua set langsung, 21-18, 21-18 di Riocentro, Pavilion 4, Sabtu, (20/8/2016) malam WIB.

Chen Long menyelamatkan muka Negeri Tirai Bambu di nomor bergengsi ini setelah Lin Dan tersingkir di babak semifinal dari Lee Chong Wei. Sukses meraih medali emas membuat  pebulutangkis 27 tahun ini meneruskan tradisi emas Tiongkok sejak Olimpiade Beijing 2008 di nomor tunggal putra. Chen Long termotivasi merebut emas setelah ganda putra,  Zhang Nan/Fu Haifeng berhasil meraih emas sehari sebelumnya.

"Kemarin, saya melihat rekan saya memenangkan emas. Itu membuat saya semangat menghadapi pertandingan final," kata Chen Long sebagaimana dilansir dari South China Morning Post. "Alasan saya bisa menang hari ini karena mereka," sambung peraih medali perunggu di Olimpiade 2012 lalu ini.

Chen Long menangis setelah merebut emas Olimpiade

Kemenangan ini sekaligus menjadi balas dendam sempurna Chen Long. Pada Olimpiade 2012 lalu, Chen Long tumbang dari tangan Lee Chong Wei di partai semifinal. Pembalasan tersebut terasa manis, sebab dia memupus harapan Lee Chong Wei merebut medali emas di Olimpiade 2016 setelah tiga kali menembus partai final Olimpiade tunggal putra secara beruntun mulai dari 2008 hingga 2016.

Chen Long menyambut sukses besar ini dengan emosional. Dia mencium lantai dan menangis  setelah memastikan kemenangan dari tangan Lee Chong Wei. Bahkan, dia sempat memberikan raket kepada para pendukung. Lebih dari itu, dia juga melempar kaus ke tribun penonton sebagai ungkapan rasa terima kasih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini