Sukses

8 Fakta Menarik Usai Brasil Raih Emas Olimpiade

Brasil sukses mempertahankan nama besarnya di sepak bola dunia.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Status tuan rumah sukses dimanfaatkan Brasil untuk meraih emas sepak bola putra OIimpiade Rio de Janeiro 2016. Sukses itu dipastikan setelah Brasil mengalahkan Jerman dalam final di Estadio Maracana, Minggu (21/8/2016) pagi WIB, lewat adu penalti.

Meski memiliki awal yang buruk di dua laga perdana, Brasil sukses melanjutkan superioritas mereka yang diperlihatkan sejak laga pamungkas Grup A. Sejak itu, Brasil selalu meraih kemenangan yang sempurna hingga semifinal.

Usai menaklukkan Denmark 4-0, Brasil mempecundangi Kolombia 2-0 dan Honduras enam gol tanpa balas di semifinal. Di final, mereka sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Jerman hingga duel di waktu normal dan babak tambahan berakhir dengan skor 1-1.

Untungnya, Brasil memiliki pemain sekaliber Neymar. Bintang Barcelona itu tampil sebagai penentu kemenangan Brasil dalam babak tos-tosan. Beberapa fakta menarik pun tercipta seusai Brasil memastikan medali emas sepak bola putra Olimpiade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik

Fakta Menarik:

1. Ini adalah emas pertama sepak bola Brasil dari cabang Olimpiade. Sebelumnya, mereka hanya bisa meraih tiga perak dan satu perunggu.

2. Serge Gnabry (Jerman) tampil sebagai Top Scorer Olimpiade 2016.

3. Sejak fase grup, telah tercipta 104 gol hingga final Olimpiade 2016. Rata-ratanya adalah 3,25 gol per laga.

4. Gol Max Meyer di menit 59 adalah gol pertama yang bersarang ke gawang Brasil di Olimpiade 2016.

5. Kekalahan dari Brasil membuat Jerman tak mampu mengulang era keemasan Jerman Timur di Olimpiade 1976.

6. Nigeria, tim yang dikalahkan Jerman di semifinal, memenangkan duel perebutan perunggu melawan Honduras. Itu adalah medali pertama Nigeria di Olimpiade.

7. Gnabry adalah pemain Jerman pertama yang tampil sebagai Top Scorer Olimpiade.

8. Itu adalah emas keenam kontingen Brasil di Olimpiade setelah cabang judo putri kelas 57 kg,  lompat galah putra, tinju putra kelas 60 kg, layar putri 49er, dan voli pantai putra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini