Sukses

Tertinggal dari Marquez, Rossi Pantang Menyerah

Rossi akan memulai balapan MotoGP Rep Ceko dari urutan keenam.

Liputan6.com, Brno - Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, kalah cepat dari Marc Marquez pada kualifikasi MotoGP Republik Ceko 2016 di Sirkuit Brno. Namun, start dari urutan keenam tak membuat Rossi pesimistis soal hasil balapan.

Marquez menunjukkan taringnya ketika kualifikasi MotoGP Rep Ceko digelar di Sirkuit Brno, Sabtu (20/8/2016). Pole position direbut pembalap Repsol Honda itu setelah mencatatkan waktu 1 menit 54,596 detik, unggul 0,253 detik atas pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo.

Hasil berbeda didapat Rossi yang akan memulai balapan dari urutan keenam. Catatan waktunya terpaut 0,913 detik dari Marquez. Hasil itu menjadi pertanda buruk bagi Rossi yang ingin mengejar ketertinggalan poin dari Marquez di klasemen pembalap.

"Memulai balapan dari baris kedua tentu akan lebih sulit. Namun, baris kedua masih memungkinkan untuk membuat balapan yang bagus dan berjuang untuk podium jika Anda memiliki kecepatan bagus. Lagipula, lap saya pada sebelumnya juga cukup baik," kata Rossi seperti dikutip Crash.

Kecepatan The Doctor sempat memburuk usai menjalani latihan bebas pertama. Ia memiliki gap yang cukup jauh dengan pembalap terdepan pada latihan bebas kedua dan ketiga. Namun, ia mampu memperbaiki catatannya pada latihan bebas keempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Brno Jadi Momok

Saat itu, Rossi hanya terpaut 0,353 detik dari Lorenzo yang menjadi pembalap tercepat. Itu yang membuat Rossi masih yakin dengan jalannya balapan pada Minggu (21/8/2016). Namun, ia juga mewaspadai kondisi cuaca di Brno.

"Tanda tanya besar adalah kondisi cuaca. Pertama, kita harus mengetahui jika itu akan menjadi balapan kering atau basah. Juga sangat penting mengenai suhu. Jika akan lebih dingin dari saat kualifikasi, semua orang mengatakan itu akan lebih sulit dengan ban depan," jelas Rossi.

Rossi sendiri sudah cukup lama tak mencicipi kemenangan di Brno. Tercatat, podium juara terakhir MotoGP Rep Ceko direngkuh pembalap berusia 37 tahun itu pada musim 2009. Sejak itu, catatan terbaik Rossi di sana adalah finis di podium ketiga.

Penting bagi Rossi meraih kemenangan di MotoGP Ceko 2016 demi mengejar defisit poin dari Lorenzo dan Marquez. Dengan koleksi 124 poin, Rossi terpaut 14 poin dari Lorenzo dan 57 poin dari Marquez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini