Sukses

Pesta Kembang Api Awali Acara Penutupan Olimpiade Rio 2016

Liputan6.com, Rio - Olimpiade Rio de Janeiro Brasil 2016 telah berakhir. Upacara penutupan berlangsung meriah meski berlangsung di bawah guyuran hujan dan angin kencang.

Acara ini digelar Stadion Maracana, Brasil, Minggu malam (21/8/2016) atau Senin pagi (22/8/2016) WIB. Pesta kembang api mengawali pesta penutupan kejuaraan olahraga mutlicabang yang berlangsung sejak 5 Agustus 2016 itu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan 27 anak kecil berpakaian serba putih di atas panggung. Mereka menyanyikan lagu kebangsaaan Brasil dengan serius meski angin kencang menyapu topi yang mereka kenakan.


Setelah menyajikan berbagai hiburan menarik dan koreografi memukau,  satu per satu kontingen memasuki panggung. Tidak seperti acara pembukaan, atlet-atlet yang hadir di acara penutupan tidak mengenakan kostum spesial, melainkan tampil lebih santai.

Suasana juga terlihat lebih hidup di mana para atlet ikut menari mengikuti iringan musik. Hujan yang turun di Maracana dan sekitarnya memaksa mereka menggunakan mantel hujan dan payung meski tidak sampai mengurangi kemeriahan pesta.

Setelah berlangsung selama dua pekan, Amerika Serikat akhirnya keluar sebagai juara umum dengan 46 emas, 37 perak, dan 38 perunggu. Inggris Raya menyusul di tempat kedua dengan 27 emas, 23 perak, dan 17 perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati Tiongkok dengan 26 emas, 18 perak, dan 26 perunggu. Indonesia sendiri harus puas berada di posisi 46 dengan koleksi 1 emas dan dua perak.