Sukses

Mengenakan Kimono, Gubernur Tokyo Terima Bendera Olimpiade

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Olimpiade Rio 2016 resmi berakhir. Penyerahan bendera Olimpiade pun telah dilakukan di upacara penutupan Olimpiade Rio 2016 di Stadion Maracana, Senin (22/8/2016) WIB.

Penyerahan bendera itu dilakukan oleh Wali Kota Rio de Janeiro, Eduardo Paes, dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, kepada Gubernur Tokyo, Yuriko Koike. Seperti diketahui, Tokyo akan jadi tuan rumah Olimpiade berikutnya pada 2020.



Koike tampil dalam upacara penutupan itu mengenakan pakaian khas Jepang, yakni kimono yang berwarna putih keemasan. Dalam penyerahan tersebut, lagu kebangsaan Jepang, Kimigayo, juga turut diperdengarkan. Lagu tersebut dinyanyikan oleh paduan suara anak-anak dari Brasil.

Selain itu, terdapat proyeksi besar yang menampilkan ucapan terima kasih dalam berbagai bahasa, antara lain Portugis dan Jepang. Proyeksi itu ditampilkan di atas lapangan Stadion Maracana.

Upacara penutupan sendiri diawali dengan tarian kolosal. Dalam tarian itu ditampilkan beberapa bangunan ikonik Kota Rio, antara lain patung Cristo Redentor (Kristus sang Penebus).

Amerika Serikat keluar sebagai juara umum pada Olimpiade Rio 2016. Kontingen Negeri Paman Sam mengoleksi total 121 medali (46 emas, 37 perak, 38 perunggu). Di posisi kedua ada tim Britania Raya (67 medali) dan Tiongkok (70 medali).

 

 

Video Populer

Foto Populer