Sukses

Salah Bendera, Masyarakat Tiongkok Kecam Olimpiade Rio

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Kegembiraan Timnas Voli Putri Tiongkok meraih medali emas di Olimpaide Rio de Janeiro dinodai dengan kecerobohan pihak panitia. Dalam upacara penyerahan medali, bendera Tiongkok yang dikabarkan ternyata salah.

Ini adalah kali kedua panitia salah mengibarkan bendera Tiongkok pada upacara penyerahan medali. Sebelumnya, peristiwa itu terjadi pada cabang loncat indah untuk nomor papan 10 meter, di mana Du Li dan Yi Siling masing-masing meraih medali perak serta perunggu.

Kontan, kesalahan ini membuat masyarakat Tiongkok marah. Mereka melampiaskan kemarahannya itu melalui media sosial Sina Weibo, dengan hastag Olimpiade Rio salah menggunakan bendera nasional Tiongkok. "Bagaimana Olimpiade Rio bisa membuat kesalahan yang sama lagi?" tulis seorang pengguna Sina Weibo seperti dilansir BBC, Selasa (23/8/2016).

Direktur Komunikasi Olimpiade Rio 2016 Mario Andrada telah meminta maaf atas kesalahan tersebut. Namun, masyarakat Tiongkok sudah geram dengan kesalahan yang kembali terulang.

"Membuat kesalahan seperti itu lagi benar-benar tidak masuk akal! Orang Tiongkok tidak bisa menerima permintaan maaf dari Komite Olimpiade Rio," keluh salah satu pengguna Weibo.

1 dari 2 halaman

Kesalahan Desain Bendera Tiongkok di Olimpiade Rio

Bendera Tiongkok memiliki satu bintang besar yang dikeliling empat bintang lebih kecil dengan latar belakang warna merah. Bintang kuning besar mewakiliki Partai Komunis Tiongkok. Sementara empat bintang kecil melambangkan solidaritas orang-orang Tiongkok dari semua kelas sosial dan kelompok etnis di bawah kepemimpinan CPC.

Dalam versi bendera yang benar, empat bintang yang lebih kecil semua titik menuju bintang besar. Sementara dalam bendera yang salah, empat bintang kecil sejajar satu lama lain.

Saat bendera yang salah pertama kali muncul, laporan sejumlah media mengklaim bendera itu diproduksi di Tiongkok. Tetapi, laporan itu dibantah juru bisa Zhejiang Wuyi Jinyu Tekstil Co Ltd.

"Kami tidak bertanggung jawab dengan bendera nasional Tiongkok yang salah di upacara Olimpiade. Kami pernah memproduksi untuk penonton... Bagaimana kita bisa mendapatkan bendera nasional Tiongkok yang salah?" ucap juru bicara tersebut.

Panitia Olimpiade Rio mengakui bendera Tiongkok yang salah dibuat di Brasil dan berjanji untuk menyelidikinya. Tapi, hal itu tak bisa menenangkan beberapa pengguna Weibo yang marah. "Olimpiade Rio adalah sampah," tulis salah satu pengguna Weibo bernama Kepler.